01 August 2020

M Fikar Terharu Warga Masjid Al Hijrah Berkurban 13 Ekor Sapi di Tengah Pandemi Covid-19


PADANG, (GemaMedianet.com—  Meski di tengah pandemi Covid-19, masyarakat dan jamaah Masjid Al Hijrah Blok A Perumnas Belimbing Kuranji, Kota Padang di tahun 1441 H/2020 M ini tak surut untuk berqurban.

Tahun ini masih berlangsung pandemi Covid-19, namun hal itu tak mengurangi niat masyarakat dan jamaah Masjid Al Hijrah untuk berqurban. Justeru inilah kesempatan untuk tetap membuktikan cinta kepada Allah Subhannallahu wa Ta’ala dengan kurban terbaik. 

Terbukti, hewan qurban yang berhasil dikumpulkan oleh pengurus masjid berjumlah 13 ekor Sapi Qurban.

"Alhamdulillah, qurban di masa pandemi ini di Masjid Al Hijrah Blok A Perumnas Balimbiang Kuranji tahun ini sebanyak 13 ekor Sapi. Dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 16 ekor, memang terjadi penurunan. Namun penurunannya tidak terlalu signifikan," ujar Ketua Masjid Al Hijrah, M. Fikar Datuk Rajo Magek, S.Ag, MM, M.Pd di Komplek Masjid yang juga merupakan bagian kawasan Kampung Tangguh ini, Sabtu (1/8/2020).

Meski demikian, kata Ketua Badan Musyawarah Pembangunan Nagari (BMPN) Pauh IX Kuranji ini dirinya mengaku cukup terharu sekaligus bangga dengan niatan dan usaha masyarakat dan jamaah Masjid Al Hijrah untuk tetap berqurban di masa pandemi Covid-19. Kondisi dimana masyarakat sedang dalam ekonomi merosot, nafkah kian sulit dicari, kebutuhan sehari-hari sulit dipenuhi. 

"Ini pertanda warga Delima Blok A Belimbing semangat berqurbannya sangat tinggi, meski di tengah kondisi perekonomian yang cukup sulit saat ini. Semoga ini adalah gambaran wujud keikhlasan dan ketakwaan masing masing, aamiin," tukasnya.

Di kesempatan itu, Datuk M Fikar juga menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan qurban oleh panitia, yang sejak satu minggu terakhir terus berkoordinasi dan berjibaku menyukseskan pelaksanaan qurban tahun 1441 H ini di Masjid Al Hijrah.

"Kami atas nama pengurus Masjid Al- Hijrah mengucapkan terimakasih kepada warga yang telah berqurban, dan kepada seluruh panitia yang tanpa kenal lelah untuk suksesnya pelaksanaan qurban," tukasnya.

Senada, Ketua Panitia Qurban Masjid Al-Hijrah, Agus Salim, S Sos mengungkapkan rasa syukurnya atas pelaksanaan Qurban di Masjid Al Hijrah tahun 1441H/2020 M ini berjalan dengan lancar, aman dan sukses.
Selain itu, kata Agus Salim, hal yang sangat membanggakan selama prosesi penyembelihan dan pemotongan daging qurban untuk dibagikan kepada masyarakat, seluruh panitia dan warga tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19.

"Terima kasih atas kerjasama pengurus Masjid Al-Hijrah terutama kepada Ketua Masjid, yaitu bapak M.Fikar Datuk Rajo Magek, sehingga proses berqurban berjalan dengan baik sesuai dengan harapan bersama," ucapnya.

Pantauan GemaMedianet.com, pemotongan dan pengulitan 13 ekor Sapi Qurban berjalan dengan baik, aman dan lancar. Panitia tampak bekerja penuh semangat, hingga jelang Sholat Dzuhur daging qurban telah siap dibagikan ke tengah masyarakat sekitar.

Sebelum dan sesudah Sholat Dzuhur dari corong masjid panitia menyerukan agar masyarakat yang memiliki kupon telah dapat melakukan pengambilan daging qurban dengan tetap mengikuti protokol kesehatan, gunakan masker.

Bahkan, kebersamaan di lingkungan Blok A Perumnas Balimbiang Kuranji terlihat begitu  kental dan erat. Di saat panitia yang didominasi laki-laki sibuk dengan aktifitas pemotongan daging qurban, kaum ibu-ibu juga disibukkan dengan masak-memasak untuk kebutuhan makan bersama. 

Jelang pukul 12.00 WIB panitia dan petugas pemotongan telah makan bersama di dapur umum kawasan kampung tangguh tersebut. (UK1)

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

Iklan

Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

RUANG IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

Terkini

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER