01 August 2020

Gubernur Irwan Prayitno Serahkan Sapi Qurban Bantuan Presiden RI Pada Ketua Masjid Raya Sumbar


PADANG, (GemaMedianet.com— Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno menyerahkan secara resmi Sapi Qurban Bantuan Presiden RI Tahun 1441 H/2020 M kepada Ketua Masjid Raya Sumbar, Sobhan Lubis di halaman belakang masjid yang menjadi icon Sumbar ini, Sabtu (1/8/2020).

Penyerahan Sapi Limousine seberat 1,2 ton yang merupakan Sapi terbaik di Sumbar ini turut dihadiri Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sumbar, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak Keswan/DPKH) Drh. Erinaldi beserta para kepala bidang (kabid) dan staf, Kabiro Bina Mental Sumbar, pengurus Masjid Raya Sumbar, panitia qurban dan undangan lainnya.

Gubernur Sumbar di kesempatan itu menyampaikan Sapi Qurban Bantuan dari Presiden RI Ir. Joko Widodo yang diserahkan tahun ini merupakan bantuan yang keenam kalinya untuk masyarakat Sumbar.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat kita mengucapkan terima kasih atas bantuan Sapi Qurban dari Presiden RI, karena setiap tahun berkesempatan berqurban di Sumbar. Semoga bantuan Sapi Qurban dari Presiden RI dapat berlanjut di tahun-tahun berikutnya," ungkap Irwan Prayitno.

Ia juga menyebutkan, Sapi Qurban Presiden RI untuk masyarakat Sumbar setiap tahunnya itu merupakan Sapi Qurban pilihan dan terbaik di wilayah Sumbar dengan berat di atas 1 Ton. Kegiatan ini membuat usaha ternak Sapi di Sumbar semakin Bergairah, karena berpeluang untuk terpilih menjadi Sapi Qurban Bantuan Presiden RI. 

"Tahun ini yang terpilih dan terbaik adalah Sapi Qurban asal Kota Solok seberat 1,2 Ton berjenis Limousine senilai Rp.72 Juta," ungkapnya.

Gubernur juga mengaku cukup gembira, meski di tengah pandemi Covid-19 namun semangat masyarakat berqurban cukup tinggi.

"Walhasil, terdapat perputaran uang hingga 700 Miliar selama masa qurban," ujarnya.

Terakhir Gubernur Irwan Prayitno di kesempatan itu juga tak lupa mengingatkan agar selama prosesi pemotongan dan pendistribusian, panitia dan masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan.


Sementara Ketua Pengurus Masjid Raya Sumbar, Sobhan Lubis selain menyampaikan terima kasih Masjid Raya Sumbar menjadi lokasi keenam kalinya sebagai tempat pemotongan Sapi Qurban Bantuan Presiden RI, juga berencana menjadikan lokasi pemotongan tersebut menjadi tempat pemotongan permanen hewan qurban.

"Kiranya rencana ini mendapat perhatian dan dukungan dari Pemprov dan Disnak Keswan Sumbar," harapnya.

Menurutnya, pengurus memiliki keyakinan dengan telah enam kalinya Sapi Qurban Bantuan Presiden RI diserahkan ke Masjid Raya Sumbar, ke depan masyarakat akan mau berkurban di Masjid Raya  Sumbar.

Di tempat yang sama Kepala Disnak Keswan (DPKH) Sumbar, Drh. Erinaldi mengatakan, Sapi Qurban Bantuan Presiden RI Ir Joko Widodo untuk tahun 1441 H/2020 M merupakan sapi pilihan dan terbaik di Sumbar, setelah melalui verifikasi yang dilakukan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat beberapa waktu lalu.

"Dari rangkaian verifikasi oleh Disnak Keswan Sumbar, maka Sapi Qurban pilihan dan terbaik sebagai bantuan Presiden RI tahun 1441 H/2020 M ini jatuh kepada Sapi Limousine asal Kota Solok dengan berat 1,2 Ton," ungkapnya.

Menurutnya, selain memang Sapi Qurban asal Kota Solok adalah hasil seleksi terbaik di Sumbar, ini juga sekaligus dalam rangka promosi daerah bahwa usaha ternak sapi sudah hampir merata di seluruh wilayah di Sumbar.

"Tidak saja ada di Payakumbuh, Tanah Datar, Agam, tetapi juga ada di daerah lainnya seperti Sapi Qurban Presiden RI dalam Idul Adha tahun ini berasal dari Kota Solok," terang Erinaldi.

Erinaldi juga menyampaikan, secara umum dalam pelaksanaan qurban di Sumatera Barat tahun ini terdapat 32.632 ekor hewan qurban yang tersebar di masjid, mushalla dan beberapa tempat umum

"Rinciannya, Sapi sebanyak 29.204 ekor, Kambing 3.119 ekor, dan Kerbau 329 ekor," cakapnya. (UK1

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER