12 August 2020

Pemko Padang Apresiasi Peluncuran Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan ACT Sumbar


PADANG, (GemaMedianet.com— Pemerintah Kota (Pemko) Padang melalui Dinas Sosial (Dinsos) mengapresiasi inovasi gerakan nasional Lumbung Sedekah Pangan (LSP) yang diinisiasi oleh Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatera Barat.

Apresiasi itu disampaikan Wali Kota Padang diwakili oleh Kepala Dinas Sosial Kota Padang Apriadi saat peluncuran Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan (LSP) di Posko Wilayah Kantor ACT Sumbar di Ulak Karang, Rabu (12/8/2020).

Dikatakan, atas nama Pemerintah Kota (Pemko) Padang, Dinsos beserta jajaran sangat mengapresiasi peluncuran gerakan nasional Lumbung Sedekah Pangan, karena memiliki tujuan utama membantu warga yang tak mampu, terutama warga yang terdampak Covid-19.

"Alhamdulillah, Pemko sangat mendukung gerakan dari ACT Sumbar yang sangat mulia dan bermanfaat bagi warga kurang mampu, terutama di masa pandemi Covid-19. Mudah-mudahan gerakan ini mengetuk hati warga berkemampuan, sehingga dapat terus berjalan dan berkesinambungan," ujar Afriadi sekaligus meresmikan peluncuran gerakan nasional yang dilakukan serentak di 43 Cabang ACT di seluruh Indonesia.

Ia juga menyampaikan, Pemko memiliki stok beras yang selama ini dikerjasamakan dengan Baznas guna disalurkan bagi warga kurang mampu, dan ke depan Pemko juga dapat bekerjasama untuk disalurkan melalui ACT Sumbar dalam gerakan nasional LSP.

"Rak-rak LSP juga dapat diletakkan di kantor organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemko Padang, sehingga PNS atau para dermawan juga dapat ikut berbagi sedekah," sarannya.

Afriadi mengaku sangat bangga dengan ACT lewat berbagai aksi kebencanaan baik di Padang maupun luar Padang seperti di Aceh, dan Pare, Sulawesi.

"Dinsos sudah bergerak cepat, namun terkadang ACT bergerak lebih cepat karena memang memiliki berbagai cabang di seluruh wilayah di Indonesia dan luar negeri," pujinya.

Peluncuran itu ditandai dengan penyerahan bantuan sembako kepada penerima manfaat, yakni Ema, juru parkir wanita yang sehari-hari bertugas di sepanjang Jalan S Parman Ulak Karang. Dan Arianti, seorang ibu rumah tangga berusia lanjut.

Uniknya, penerima manfaat mengambil sendiri bantuan sembako sesuai kebutuhan dari rak-rak yang difungsikan menjadi LSP.

Peluncuran itu turut dihadiri Kepala Dinas Pangan Kota Padang Guswardi, Komunitas IMA Chapter Padang, TDA Padang dan KUHP (Komunitas Ummi Hijrah Padang), dan undangan lainnya.

Di kesempatan itu, Kepala Cabang ACT Sumbar, Zeng Wellf menyebutkan, gerakan nasional Lumbung Sedekah Pangan ini peluncurannya dilakukan serentak di 43 cabang di seluruh Indonesia.

ACT nantinya menyediakan rak-rak di masjid-masjid, kantor-kantor, perusahaan-perusahaan, sekolah-sekolah, mall, swalayan dan di tempat-tempat yang memudahkan dermawan untuk memberikan atau menyalurkan bantuan sedekahnya.

"Orang-orang yang memiliki kelebihan akan dapat menitip bantuan sedekahnya ke rak-rak yang disediakan, dan setiap tiga hari petugas ACT akan menjemput sedekah tersebut untuk diserahkan kepada warga yang kurang mampu," tukasnya.

Harapannya, sebut Zeng Wellf, gerakan ini didukung seluruh stakeholders yang ada. Karena memang tujuannya adalah membantu masyarakat kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan pangannya.

Ia juga menambahkan, Dinsos juga sangat mengapresiasi gerakan yang dilakukan oleh ACT.

"Bahkan, sudah ada kolaborasi dan koordinasi dengan Pemko Padang sejak 3 tahun keberadaan ACT di Sumbar," terangnya. (UK1)

0 komentar:

Post a Comment

Iklan

Iklan

Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN KPU

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER