01 Juni 2020

Peringatan Hari Lahir Pancasila, Wali Kota Mahyeldi Ajak Masyarakat Tingkat Persatuan dan Kesatuan


PADANG, (GemaMedianet.com— Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah mengajak seluruh elemen masyarakat untuk kembali meningkatkan pemahaman dan mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung di dalam sila Pancasila.

Hal itu disampaikan orang nomor satu di Ibu Kota Provinsi Sumatera Barat tersebut usai mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020 secara nasional yang dilaksanakan secara virtual, Senin (1/6/2020). 

Wali Kota Mahyeldi bersama Wakil Wali Kota Hendri Septa, Sekretaris Daerah Kota Padang Amasrul, Unsur Forkopimda Kota Padang, para Asisten, pimpinan OPD dan Camat se- Kota Padang menyaksikannya di Aula Bagindo Aziz Chan, Balai Kota Padang.

Menurut Mahyeldi, Pancasila sebagai dasar negara memiliki butir-butir nilai yang berkaitan langsung dengan aktivitas kehidupan masyarakat sehari-hari. 

Apalagi saat ini di tengah pandemi virus corona atau covid-19 tang masih mewabah, Pancasila dapat menjadi perekat dan menguatkan persatuan dan kesatuan di tengah-tengah masyarakat.

"Saat ini warga negara Indonesia harus mampu menempatkan persatuan dan kesatuan, serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara ditengah pandemi Covid-19," ujar wako. 

Lebih jauh dijelaskan, salah satu caranya dengan tidak saling menyalahkan antar satu golongan atas adanya musibah covid-19 dan tidak menyebarkan berita hoax dan hal negatif lainnya. 

Namun tetapi semuanya justru diharapkan bisa memberikan dukungan penuh kepada pemerintah yang telah berupaya semaksimal mungkin mengatasi covid-19 serta dampaknya.

"Alhamdulillah, selama Pandemi ini kita telah menjalin komunikasi dan konsolidasi dengan berbagai pihak dalam menangangi wabah covdi-19 ini. Dan hal itu akan terus kita tingkatkan," tukuk Mahyeldi mengakhiri.

Dalam upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual itu diketahui, Presiden Joko Widodo menjadi Inspektur Upacara dari Istana Bogor. 

Dalam pidatonya, Presiden RI itu mengatakan, peringatan Hari Lahir Pancasila di tengah Pandemi covid-19 ini menguji daya juang sebagai bangsa, menguji pengorbanan, kedisiplinan, kepatuhan dan keteladanan dalam mengambil langkah-langkah kebijakan yang cepat dan tepat.

"Dalam menghadapi ujian, kita bersyukur bahwa Pancasila tetap menjadi bintang penjuru untuk mengerakkan kita semua. Menggerakkan persatuan dalam menghadapi tantangan, menggerakan rasa kepedulian untuk saling berinovasi, memperkokoh rasa persaudaraan dan rasa gotong royong untuk meringan beban seluruh anak negeri," tekan Presiden.

Selanjutnya, Jokowi uga mengajak seluruh penyelenggara negara mulai dari pusat hingga daerah untuk terus meneguhkan kebaktian kepada masyarakat dengan tidak membedakan, kelompok ras dan agama.

"Kita harus mampu menjadi pemenang, baik itu dalam pengendalian virus maupun ekonomi. kita harus optimis dan menciptakan peluang ditengah kesulitan dengan menciptakan inovasi dan kreatifitas agar kita bisa menang malawan covid-19 ini," pungkasnya. (prokopim)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan