09 April 2020

Kepala DPM Pasaman Tinjau Dua Kegiatan PKT Nagari Pauh, Nagari Lain Diminta Ikut


PASAMAN, (GemaMedianet.com— Untuk mengurangi dampak ekonomi dari pandemi Covid-19, di Kabupaten Pasaman mulai dilaksanakan kegiatan Padat Karya Tunai (PKT).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Kabupaten Pasaman, Drs, Hasiholan Hutagalung didampingi TA P3MD Kabupaten Pasaman dan perangkat Nagari Pauh, pagi tadi meninjau pelaksanaan kegiatan PKT di Nagari Pauh Kecamatan Lubuk Sikaping, Kamis (9/4/2020).

Ada dua kegiatan PKT yang ditinjau terletak di Kejorongan Pauh Nagari Pauh. Menurut Perangkat Nagari Pauh, Mai Riza, PKT ini berupa  Pembangunan Rabat Beton sepanjang 50 meter dan pemasangan beton jalan sepanjang 100 meter dengan dana masing-masing Rp.50 juta. Begitu juga masing-masing pekerjanya 10 orang berasal dari warga Nagari Pauh yang terdampak Covid-19. 

Kepala DPM kepada wartawan  menyampaikan ucapkan terima kasih kepada Nagari yang telah melaksanakan kegiatan PKT.

Dijelaskan, pelaksanaan PKT ini sesuai dengan Instruksi Menteri Desa, Pembangunanan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, serta  Menteri Dalam Negeri. Dimana akibat wabah Covid-19, telah berdampak serius terhadap sendi-sendi ekonomi masyarakat, terutama di pedesaaan atau nagari.

“Maka untuk memperkuat  sendi sendi ekonomi masyarakat, kita minta seluruh nagari yang sudah merencanakan kegiatan PKT dalam APBNagarinya, untuk segera melaksanakannya melalui pengelolaan secara swakelola dengan menggunakan pekerja masyarakat setempat yang terdampak Covid-19,” tambah Hasiholan Hutagalung.

Kepala DPM juga meminta agar nagari yang belum terdapat kegiatan PKT untuk segera melakukan perubahan APBNagari dengan memasukkan dan menempatkan kegiatan dengan pola PKT pada pencarian dana desa Tahap I.

Selanjutnya ia meminta agar nagari–nagari lain di Kabupaten Pasaman segera melaksanakan kegiatan PKT, yang pelaksanaannya tetap mengikuti protokol kesehatan  yang telah ditetapkan oleh pemerintah, yakni para pekerja harus menjaga jarak dengan pekerja lain dan selalu menggunakan masker. (Noel)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan