06 March 2020

DPRD Riau Pelajari Publikasi Kedewanan ke DPRD Sumbar


PADANG, (GemaMedianet.com— Untuk kedua kalinya anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau kembali mengunjungi DPRD Provinsi Sumatera Barat, Jum'at (6/3/2020) pagi.

Jika pertengahan November tahun lalu Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau, Hardianto dalam kunjungannya memimpin rombongan Komisi IV, maka tahun ini Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau yang enerjik ini membawa rombongan Komisi IV dalam rangka sharing penataan dan pengelolaan media massa.

Kedatangan rombongan Komisi I DPRD Riau tersebut disambut hangat Sekretaris DPRD Sumbar Reflis didampingi Kabag Persidangan John Lizar, Kasi Publikasi Lazuardi serta beberapa staf Sekretariat DPRD Sumbar di ruang khusus II gedung DPRD setempat.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau, Hardianto di kesempatan itu mengatakan, selain sebagai bagian silaturahim, kedatangan Komisi I DPRD Provinsi Riau adalah dalam rangka sharing sekaitan dengan penataan dan pengelolaan media massa di lingkungan Sekretariat DPRD Sumbar.

"Dari informasi yang kita terima, pengelolaan media massa di DPRD Sumbar terbilang cukup baik dan lebih terbuka. Oleh karena itu apa yang kita pelajari dari Sumbar hari ini, kenapa tidak kita terapkan di Riau nanti," tukasnya.

Menurutnya, publikasi yang baik tentu sangat dibutuhkan para anggota dewan, karena berdampak pada lembaga DPRD sebagai manifestasi penyambung lidah masyarakat. 

"Dengan demikian stigma yang sempat membuat citra buruk anggota dewan yang dinilai hanya menghabiskan uang rakyat dengan jalan-jalan ke luar daerah, kemudian datang, diam dan duduk manis di kursi empuk DPRD harus segera dihilangkan. Masyarakat perlu penjelasan lewat publikasi," tukasnya.

Pertemuan yang berlanjut dengan sesi tanya jawab itu, masing-masing anggota Komisi I melontarkan sejumlah pertanyaan. Dari mulai penyebaran informasi hingga studi banding wartawan.

Menjawab sejumlah pertanyaan dari para anggota Komisi I DPRD Riau tersebut, Sekretaris DPRD Reflis menjelaskan, dalam publikasi tugas kedewanan Sekretariat DPRD telah membuat berbagai media penyaluran seperti majalah, media sosial, web, video tron, dan aplikasi. 

"Di Web DPRD Sumbar ada juga semacam KUBE (Kumpulan Berita) kedewanan dan terus di-update sepanjang waktu," terang Reflis sembari menayangkan slide web milik DPRD Sumbar dihadapan anggota DPRD Riau.

Selain penyebaran informasi dengan telah membuat berbagai media penyaluran, Reflis juga menambahkan, Sekretariat DPRD Sumatera Barat pun menjalin kerjasama dengan berbagai wartawan dari berbagai media cetak, elektronik dan Online dlam meliput kegiatan di DPRD.

"Dengan demikian publikasi kedewanan  ke tengah masyarakat semakin cepat dan mudah diakses oleh masyarakat," tukasnya.
 
Pertemuan selanjutnya diakhiri dengan penyerahan tanda mata dan foto bersama. (uki) 

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN IKW RI

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

Terkini

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

INFO GEMPA

KARIR