11 Februari 2020

Pasaman Terima Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Tahun 2019


PASAMAN, (GemaMedianet.com— Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis, didampingi Sekretaris Daerah kabupaten Pasaman Drs. H. Mara Ondak, Inspektur, Kepala Bappeda, Kabag. Organisasi menghadiri acara penyerahan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Tahun 2019.

Penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) diserahkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia, Cahyo Kumolo di Radisson Golf & Convention Center Batam, Senin (10/2/2020) kemarin.

Hasil Evaluasi menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten Pasaman memperoleh nilai 60,12 atau predikat “B”.

Penilaian tersebut menunjukkan tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran dibandingkan dengan capaian kinerjanya.

Kualitas pembangunan budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi hasil yang baik pada Pemerintah kabupaten Pasaman. Namun masih memerlukan perbaikan lebih lanjut.

Kepala Dinas Kominfo Pasaman, William Hutabarat, S.Kom menjelaskan, bahwa pelaksanaan evaluasi SAKIP berpedoman pada PP No.8/2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah, Perpres No.29/2014 tentang SAKIP, dan Permenpan-RB No.12/2015 tentang pedoman evaluasi atas implementasi SAKIP.

“Evaluasi kinerja pada tahun 2018 lalu, kita Pasaman masih diposisi huruf ‘C’ dengan nilai 54, 15. Sedangkan tahun ini berhasil naik ke nilai 60,12 dengan predikat B,” ujar William.

Hasil penilaian itu menurut Kadis Kominfo Pasaman ini menunjukan, bahwa tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran, capaian kinerja dan kualitas budaya kinerja pemerintahan Kabupaten Pasaman tahun 2019, sudah berorientasi pada "outcome" atau hasil.

“Evaluasi menyangkut tingkat akuntabilitas dari penggunaan anggaran, dalam rangka terwujudnya pemerintahan yang berorientasi pada hasil atau result oriented government,” terang William.

Namun Kadis Kominfo mengakui, masih perlu upaya lebih lanjut, demi tercapai hasil yang lebih maksimal, yakni predikat nilai AA. Keberangkatan Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis ke Batam, Provinsi Kepri, didamping Sekda Drs.H.Mara Ondak, Inspektur M. Ikhsan,SIP, Kepala Bappeda Choiruddin, dan Kabag Organisasi M. (M. Rizky)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan