25 February 2020

Bupati Pasaman Buka Bimtek Pengelolaan Keuangan Daerah Profesional dan Bertanggung Jawab


PASAMAN, (GemaMedianet.com— Bupati Pasaman, H. Yusuf Lubis membuka secara resmi bimbingan teknis (Bimtek) pengelolaan keuangan daerah bagi bendahara pengeluaran SOPD di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Tahun 2020 di Campago Resort Hotel Bukittinggi, Senin (24/2/2020) kemarin.

Turut hadir dalam acara pembukaan tersebut Inspektur, Kepala BKPSDM Anasrullah, SH,MH, Kadis Kominfo Pasaman Williyam Hutabarat, S.Kom, dan Kepala Badan Keuangan Daerah selaku panitia pelaksana kegiatan serta Narasumber yang mana bimtek tersebut diselengarakan selama 5 hari dari 24 sampai dengan 28 Februari 2020.

Dalam laporannya, Kepala Badan Keuangan Daerah, M. Roni menyampaikan bahwa maksud dilaksanakan bimtek ini agar bendahara pengeluaran daerah mendapatkan pembekalan dan pengetahuan tentang proses pengelolaan keungan daerah yang baik yang sesuai dengan aturan yang berlaku sehingga terhindar dari jeratan hukum.

Lebih lanjut M. Roni menyampaikan, peserta bimtek adalah bendahara pengeluaran yang berada di SOPD dan kecamatan di lingkungan Pemkab. Pasaman dengan peserta sebanyak 41 orang dan diharapkan nantinya setelah mengikuti bimtek peserta lebih profesional dan memahami akan hak dan kewajibannya sebagai bendahara pengeluaran serta mampu mewujudkan pengelolaan keuangan yang transparan dan dapat dipertanggungjawabkan.

Dalam arahannya Bupati Pasaman, H. Yusuf Lubis, SH, M.Si menyampaikan, agar semua peserta dapat mengikuti bimtek dengan baik, sehingga pengelolaan keuangan dapat dilakukan secara tertib, efisien, ekonomis, efektif, transparan dan bertanggung jawab dengan memperhatikan rasa keadilan, kepatutan, bermanfaat bagi masyarakat serta taat dalam ketentuan dan perundang undangan yang berlaku yang diwujudkan dalam APBD.

Bupati juga menyampaikan, bahwa bimtek ini merupakan salah satu langkah strategis yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Pasaman dalam merespon tuntutan publik terhadap transparansi dan akuntanbilitas pengelolaan keuangan di daerah.

Pelaksanaan bimtek ini diharapkan mampu meningkatkan kapasitas kompetensi peserta dan profesionalitas aparatur pengelola keuangan daerah dalam menjalankan peran dan fungsi.

"Dengan demikian kinerja pengelolaan keuangan senantiasa konsisten dengan mengedepankan prinsip pelaksanaan tata kelola pemerintahan yang baik sesuai dengan ketentuan yang berlaku," tukasnya. (M. Rizky)

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER