25 January 2020

Gubernur Edy Rahmayadi Harapkan Semakin Banyak Penghijauan


DELI SERDANG, (GemaMedianet.comUpaya penghijauan diharapkan semakin genjar dilakukan terutama di kawasan perkotaan. Apalagi Undang Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang mengamanatkan adanya ruang terbuka hijau paling sedikit 30 persen dari luas wilayah di perkotaan.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi pada acara Syukuran Awal Tahun Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) dan Pembukaan Program Menanam Pohon PGI Wilayah Sumut, di Gedung Chapel PGI Wilayah Sumut, Jalan Selamat Ketaren, Medan Estate, Deliserdang, Jumat (24/1/2020).

“Upaya penghijauan harus terus kita digalakkan. Seperti yang diamanatkan Undang-Undang Nomor 26/2007, bahwa di satu wilayah kota 30 persen harus dihijaukan. Penghijauan ini nantinya berdampak pada kesehatan kita, paru-paru kita,” kata gubernur.

Penghijauan, kata gubernur, tidak hanya bermanfaat bagi manusia saja. Namun juga bermanfaat bagi lingkungan dan seluruh makhluk hidup yang ada di dunia. Karena itu seluruh makhluk hidup pastilah mendambakan lingkungan yang hijau dan sehat.

Pada kesempatan itu, Edy Rahmayadi melakukan penanaman bibit pohon Asam Glugur dalam rangka program PGI Wilayah Sumut yang berkaitan dengan lingkungan hidup. Disaksikan Ketua Umum PGI Wilayah Sumut Bishop Darwis Manurung, Anggota DPD RI WTP Simarmata, pimpinan denominasi gereja dan OPD Pemprov Sumut.

Edy Rahmayadi pun mengapresiasi program penghijauan yang dilaksanakan PGI Sumut. Diharapkan kegiatan semacam ini dapat dicontoh oleh organisasi atau kelompok masyarakat lainnya, sehingga Sumut yang hijau dan asri dapat segera terwujud.

“Saya setuju sekali saat ini memang diperlukan program-program seperti ini,” ujarnya.

Gubernur juga berpesan kepada seluruh jemaat yang hadir agar saling mengasihi dan menjadi sahabat semua orang.

“Mari kita saling mencintai, saling menyayangi, jangan pernah berhenti menjadi sahabat semua orang. Tanpa itu omong kosong Sumut ini akan sejahtera,” pesannya.

Ketua Umum PGI Wilayah Sumut Bishop Darwis Manurung mengatakan, program penanaman bibit pohon tersebut dalam rangka memperingati Hari Bumi. Untuk itu PGI wilayah Sumut mengimbau setiap keluarga (jemaat yang tergabung dalam PGI) menanam bibit pohon di lingkungannya.

Darwis juga berharap jemaat yang menggelar acara syukuran atau lainnya agar menanam pohon ataupun menyumbang bibit pohon.

“Kami juga berharap apabila ada jemaat yang melakukan acara pemberkatan pernikahan, kelahiran dan lainnya mereka menanam pohon atau paling tidak menyumbang bibit pohon,” kata Darwis.

Program itu dilakukan untuk menjaga lingkungan hidup yang dapat menolong orang banyak. “Ketika kita tidak menjaga lingkungan kita, sebenarnya kita merampas hak hidup orang lain,” ujar Darwis.

#Uki I Humas Sumut 

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER