25 January 2020

Wakil Ketua DPRD Arnedi Yarmen Ikut Meriahkan Tradisi Unik "Serak Gulo"


PADANG, (GemaMedianet.com— Wakil Ketua DPRD Padang Arnedi Yarmen ikut menghadiri sekaligus memeriahkan pelaksanaan event Tradisi Serak Gulo (Sebar gula-red) yang diadakan setiap tahunnya oleh warga Muslim keturunan India di Kota Padang.

Event Serak Gulo tersebut dilaksanakan di Jl. Pasar Batipuh tepatnya di depan Masjid Muhammadan Pasa Gadang, Kecamatan Padang Selatan, Sabtu sore (25/1/2020) sore. 

Wakil Ketua DPRD Arnedi Yarmen mengatakan, kegiatan Serak Gulo ini adalah kegiatan yang unik dan satu-satunya dilaksanakan di Indonesia. 

Menurutnya, DPRD Kota Padang sangat menyambut baik kegiatan ini, dan event hendaknya terus berlanjut hingga masa-masa yang akan datang.

Selain menjadi ajang silaturahmi, sebut politisi PKS ini, event ini sekaligus sebagai upaya membangun semangat kebersamaan diantara masyarakat Muhammadan dan seluruh masyarakat Kota Padang.

"Untuk itu event ini harus terus kita pertahankan," tukasnya. 

Baca Juga : Tradisi Unik Serak Gulo Kembali Digelar di Pasa Batipuah Kota Padang

Turut hadir dikesempatan itu Anggota Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, unsur Forkopimda Sumbar dan Padang, pimpinan OPD Sumbar dan Padang serta unsur penting lainnya. 

Pantauan media ini, ratusan orang tak hanya warga Muslim keturunan India Kota Padang, namun warga lainnya yang berasal dari kabupaten/kota di Sumbar. Bahkan warga di luar Sumbar juga ikut mengikuti tradisi tersebut.

Diketahui, sebanyak 8 ton lebih gula pasir yang dibungkus kecil-kecil dengan kain perca berwarna warni itu disebar.

Prosesi ditandai dengan dilemparkannya gula tersebut oleh sekitar 15 orang pria dewasa termasuk Wakil Ketua DPRD Arnedi Yarmen dan Wali Kota Mahyeldi serta pejabat terkait dari atas atap Masjid Muhammadan dan panggung lainnya yang ada di sisi kanan dan kiri masjid. 

Sebelum sebar gula dimulai, ritual diawali dengan doa bersama, kemudian pemasangan bendera pada bagian atas masjid pada seutas tali sepanjang 20 meter. (em)

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN IKW RI

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

Terkini

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

INFO GEMPA

KARIR