25 January 2020

Tradisi Unik "Serak Gulo" Kembali Digelar di Pasa Batipuah Padang


PADANG, (GemaMedianet.com Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat kembali menggelar Tradisi Serak Gulo di kawasan Masjid Muhammadan, salah satu masjid tertua di Kota Padang, Sabtu (25/1/2020).

Kegiatan yang telah menjadi agenda pariwisata tersebut mengambil tempat di depan Masjid Muhammadan berlokasi di Pasa Batipuah Kelurahan Pasa Gadang Kecamatan Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat. 

Seperti diketahui, Tradisi Serak Gulo merupakan tradisi menyerak gulo (membagi-bagikan gula) gula sebagai bentuk dari rasa syukur atas rezeki selama setahun ini. Tradisi yang diperingati setiap 1 Jumadil Akhir Hijriah ini digelar oleh warga muslim keturunan India (Suku India) di Padang.

Tradisi ini juga cukup unik, karena memang digelar hanya di dua tempat di dunia, negeri asalnya India (Perkampungan kecil Nagore, Nagapattinam, Tamil Nadhu, India Selatan) dan Pasa Batipuah Kota Padang. 

Ba'da Asyar, festival yang telah difasilitasi pemko sejak tiga tahun terakhir ini telah dipadati ratusan masyarakat. Tidak saja diramaikan warga muslim keturunan India di Padang, tapi juga datang dari berbagai kabupaten/kota di Sumatera Barat. Bahkan, datang luar Provinsi Sumatera Barat, Riau. 

Warga seperti sudah tak sabar untuk segera larut dalam rangkaian demi rangkaian prosesi Serak Gulo.  Ada lima titik Serak Gulo di depan Masjid Muhammadan. Gula tersebut masing-masing dibungkus dengan kantung kain warna-warni dalam jumlah banyak dan seukuran genggaman orang dewasa untuk diserakkan (dilemparkan, red) di tengah kerumunan warga di depan Masjid berusia ratusan tahun tersebut. 

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah dikesempatan itu menyampaikan, sebagai agenda wisata, maka setiap tahun akan terus dilakukan peningkatan agar semakin menarik dan istimewa. 

Sejalan dengan itu Walikota Padang juga berharap terjadi peningkatan kunjungan masyarakat ke Kota Padang, sehingga berdampak pada perekonomian masyarakat. 

"Tingkat hunian hotel dan pendapatan ekonomi diharapkan turut meningkat," tukasnya. 

Turut hadir dikesempatan itu, Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit Datuak Malintang Panai, Wakil Ketua DPRD Kota Padang Arnedi Yarmen, Sekdako Amasrul, Ketua Himpunan Keluarga Muhammadan (HKM) Ali Khan bin Abu Bakar, Kepala Bapeda Medi Iswandi, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang Arfian, Forkompimda Kota  Padang, Camat dan  Kapolsek Padang Selatan serta undangan lainnya. (uki) 

0 komentar:

Post a Comment

Iklan

Iklan

Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN KPU

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER