29 January 2020

BPBD Tangani 36 Titik Lokasi Pohon Tumbang Tersebar di Tujuh Kecamatan


PADANG, (GemaMedianet.com— Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (TRC BPBD) Kota Padang bergerak cepat melakukan pembersihan dan pemotongan pohon tumbang di 36 titik lokasi yang tersebar di tujuh kecamatan di Ranah Bingkuang.

Salah satu penanganan itu, pohon kelapa dengan panjang 20 meter dan diameter 55 cm tumbang menimpa rumah warga di Jalan Gambolo RT.003/RW.004 Padang, Rabu, (29/1/2020) sekira pukul 15.20 WIB.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Barlius mengatakan, tumbangnya pohon kelapa tersebut karena hujan dan angin kencang.

"Tak hanya pohon kepala yang tumbang di Jalan Gambolo itu, di beberapa titik juga terjadi kejadian pohon tumbang. Regu-regu TRC BPBD masih bekerja di lapangan," ungkap Barlius, sore tadi.

Ia mengatakan, setidaknya kejadian pohon tumbang tersebut terjadi di 7 kecamatan di 36 titik lokasi. Yaitu di Kecamatan Nanggalo, Kuranji, Koto Tangah, Padang Barat, Padang Utara, Padang Timur, dan Bungus Teluk Kabung.

"Hingga saat ini tercatat 47 pohon tumbang. Alhamdulillah sudah 43 pohon yang diselesaikan dan 4 belum kita selesaikan, karena belum mendesak. Sementara untuk bangunan, terdapat 10 rumah yang mengalami rusak ringan di bagian atap," sebutnya.

Sementara itu, Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah mengapresiasi gerak cepat BPBD Kota Padang melakukan pembersihan dan pemotongan pohon-pohon tumbang di 36 titik lokasi tersebut.

"Langkah cepat yang dilakukan oleh Kepala BPBD Padang Barlius perlu kita berikan suport bagi petugas TRC-nya yang turun sejak malam kemarin sampai sore ini. Mereka tiada henti melakukan pembersihan dan pemotongan pohon yang tumbang akibat angin kencang dan hujan melanda Kota Padang semalam," ucap Wako Mahyeldi.

Menurut Mahyeldi, langkah yang dilakukan BPBD sudah tepat, cepat dan sigap. Apatah lagi, kejadian pohon tumbang tersebut untuk sulit diprediksi.

"Kita minta kepada TRC BPBD harus cepat dan sigap dalam mengantisipasi kejadian seperti yang terjadi semalam dan memang  sulit kita prediksi kapan datangnya.Tapi, alhamdulillah Kepala BPBD Barlius cepat tanggap dan sangat peduli akibat bencana ini," puji Mahyeldi. (Humas Padang)

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER