10 Desember 2019

Terpopuler di Media Massa, 60 Mahasiswa UIN Suska Riau Kunjungi Pemko Padang


PADANG, (GemaMedianet.com— Pemerintah Kota Padang menerima kunjungan akademik mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Konsentrasi Public Relations Universitas Islam Negeri Sutan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau di Aula Dinas Kesehatan, Senin (9/12/2019).

Kedatangan rombongan sebanyak 60 orang mahasiswa yang dipimpin oleh Dosen Pembimbing Lapangan, Usman, M.I.Kom tersebut disambut Walikota Padang diwakili Kepala Dinas Kominfo Kota Padang, Suardi didamping Kabag Humas Edi Dharma.

Dosen Pembimbing Lapangan, Usman dikesempatan itu menyebutkan, kunjungan tersebut adalah dalam rangka menambah wawasan mahasiswa mengenai tugas dan fungsi humas pemerintah, mengingat Kota Padang cukup populer di media massa dibuktikan dengan beberapa kali meraih penghargaan bidang kehumasan. 

Sementara Kepala Dinas Kominfo Kota Padang, Suardi memberikan apresiasi atas kunjungan akademik tersebut, karena para mahasiswa dapat melihat dan mendengar langsung dari praktisi humas yang ada di Pemko Padang.

Ia menjelaskan, dalam hal pelayanan informasi kepada masyarakat, jika terkait dengan infrastruktur teknologi informasi, maka tugas itu berada pada Dinas Kominfo, sedangkan untuk kegiatan kehumasan atau Public Relations-nya (PR) ada pada Bagian Humas Sekretariat Daerah Kota Padang.

"Karena sama-sama menjalankan fungsi pelayanan informasi, maka Dinas Kominfo dan Bagian Humas harus bersinergi, salah satunya dengan memfasilitasi awak media untuk mendapatkan informasi langsung dari sumber yang terpercaya dari setiap OPD di lingkup Pemko Padang, setiap minggunya di ruang media center Kota Padang," jelas Suardi didampingi Kabag Humas, Edi Dharma.

Sejalan dengan Kadis Kominfo, Kabag Humas Setdako Padang Edi Dharma mengatakan, humas pemerintah sebagai garda terdepan harus siap melayani masyarakat dengan berbagai informasi, terutama terkait dengan kinerja pemerintah. 

"Humas harus dapat membangun citra positif pemerintah di mata masyarakat dan menjadi pengawal reputasi pemerintah, agar diperoleh partisipasi masyarakat dalam setiap program, kegiatan maupun kebijakan yang dijalankan oleh pemerintah," tutur Edi. 

Menurutnya, hal itu tentu tidak mudah, mengingat saat ini arus informasi semakin deras, seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

"Humas harus berpacu dengan waktu dalam menyajikan informasi, karena tidak lagi hanya berhadapan dengan media mainstream, namun juga media baru seperti media online dan media sosial," lanjutnya. 

Para mahasiswa tampak antusias mengikuti penyampaian materi yang dilanjutkan dengan diskusi terkait fungsi humas pemerintah.

Di akhir diskusi, Kabag humas mengajak mahasiswa yang berminat menjadi humas pemerintah untuk dapat membekali diri dengan berbagai kemampuan dan keahlian diantaranya kemampuan menulis, kemampuan berbicara dan kemampuan menganalisis situasi, serta memecahkan masalah. (Humas)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan