24 December 2019

Sosialisasi Pengawasan Pemilu 2019, Bawaslu Pasaman Launching Buku Potret Pengawasan Pemilu


PASAMAN, (GemaMedianet.com— Pemilihan umum untuk Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD, DPRD rovinsi, DPRD Kabupaten dan Kota di tahun 2019 telah selesai dilaksanakan. Bawaslu Kabupaten Pasaman juga telah melaksanakan pengawasan di setiap tahapan pemilu 2019 sebagaimana telah diatur oleh Undang Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu).

Menyongsong Pilkada Serentak 2020 yang akan datang, Bawaslu Kabupaten Pasaman melaksanakan sosialisasi pengawasan pemilu dengan launching buku pengawasan pemilu yang berjudul "Potret Pengawasan Pemilu 2019 di Kabupaten Pasaman", bertempat di Aula Penginapan Flom Mitra Lubuk Sikaping, Selasa (24/12).

Acara launching buku tersebut dibuka secara resmi oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Pasaman, Rini Juita, MA didampingi oleh komisioner, Kristian, S.Pd dan Mesrawati, SE serta Koordinator Sekretariat Bawaslu Pasaman, Refki Mukhliza, SH, MH.

Komisioner Bawaslu Provinsi Sumatera Barat, Nurhaidayeti, SH, MH berkesempatan hadir dan sekaligus menyerahkan buku pengawasan pemilu 2019 Kabupaten Pasaman kepada Ketua Yayasan Pendidikan Pasaman (Yappas) yang langsung diterima oleh Bapak Saleh Lubis, SE, M. Si, perwakilan STAI YDI Lubuk Sikaping, BEM Yappas sebagai perwakilan mahasiswa dan tamu lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Pasaman, Rini Juita, MA , mengucapkan terima kasih atas kedatangan peserta sosialisi dan berharap buku pengawasan pemilu 2019 menjadi awal momentum menghadapi pemilu serentak pilkada 2020. "Launching buku ini merupakan momentum awal menuju pilkada 2020. Saya berharap buku ini agar menjadi referensi dan bisa menjadi literasi bagi para akademisi, lembaga survey dan masyarakat pecinta pemilu" jelas Rini Juita.

Lebih lanjut Rini Juita menambahkan bahwa selama pengawasan, Bawaslu Kabupaten Pasaman beserta jajaran melaporkan dalam bentuk laporan hasil pengawasan. Sesuai dengan undang-undang pemilu nomor 21 tahun 2018 yang berbunyi "pengawasan penyelenggaraan pemilu oleh pengawas pemilu dilaporkan kepada Bawaslu secara berjenjang sesuai dengan tingkatannya terdiri atas laporan periodik, laporan tahapan dan lapiran akhir".

"Mengacu pada peraturan Bawaslu nomor 21 tahun 2018 Bawaslu Kabupaten Pasaman membuat pengawasan pemilu 2019 dalam bentuk sebuah buku" papar Rini Juita, SH, MH.

Komisioner Bawaslu Provinsi Sumatera Barat, Nurhaidayeti, SH,  MH, yang berkesempatan hadir dalam acara launching tersebut 
Mengapresiasi Bawaslu Kabupaten Pasaman yang telah menerbitkan buku pengawasan pemilu 2019 yang akan menjadi bahan referensi bagi institusi yang membutuhkan. "Dalam acara ini saya menghimbau dan mengajak serta mengharapkan agar seluruh masyarakat dapat berpartisipasi dalam pilkada serentak 2020 mendatang" ujar Nurhaidayeti.

Koordinator Sekretariat Bawaslu Pasaman, Refki Mukhliza dalam sambutannya sebagai Ketua Panitia Pelaksana sosialisasi pengawasan pemilu dan launching buku  "Potret Pengawasan Pemilu 2019 di Kabupaten Pasaman" menyebutkan peserta sosialisasi berjumlah 50 orang yang terdiri dari Bundo Kanduang, Niniak Mamak, Perguruan Tinggi, Organisasi Wanita seperti GOW, Perwira dan Iwapi, Rawiya, Aisyiah, Kelompok Seni dan media darling.

"Alhamdulillah semoga hadirnya buku pengawasan pemilu 2010 ini akan bermanfaat bagi yang membutuhkan seperti para mahasiswa dalam membuat tugas atau tesis nya, juga bermanfaat bagi institusi seperti lembaga survey maupun akademisi" pungkas Refki Mukhliza. (Noel)

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER