30 November 2019

BWSS V Diminta Turun Tangan Atasi Sungai Penyebab Banjir Sejak Puluhan Tahun di Kampung Tarandam


SOLSEL, (GemaMedianet.com— Bupati Solok Selatan (Solsel), Muzni Zakaria, kembali meminta kepada Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) V Padang agar membantu proses normalisasi sungai Batang Suliti di daerah Kampung Tarandam, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan. Hal ini sangat diperlukan, agar daerah tersebut bisa terbebas dari banjir yang terus menimpa setiap saat sejak berpuluh-puluh tahun silam.

Hal ini disampaikan Bupati Muzni Zakaria ketika rapat penanganan banjir bersama Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit beserta rombongan OPD Pemprov Sumbar, BWSS V Sumatera, Ketua DPRD Solsel Zigorolanda, Sekdakab Yulian Efi, Wakil Ketua DPRD Armensyahjohan, dan peserta lainnya, di Posko Utama penanganan darurat bencana banjir di Kantor Camat Sungai Pagu, Jum'at (29/11/2019).

"Dulu ada rencana pemindahan jalur sungai. Dan Pemkab sudah bebaskan tanahnya sesuai permintaan Balai Sungai. Namun entah kenapa tidak jadi dilakukan. Kemudian solusi kedua dibuatkan dam dari beton, tapi itu pun juga belum dilaksanakan," jelasnya. 

Menurutnya, banjir yang selalu terjadi jika hujan deras tiba dan diperkirakan sudah terjadi sejak 50 tahun silam tersebut, seringkali membuat warga bertanya-tanya apakah tidak ada pihak terkait memperhatikan mereka yang tinggal di sana. 

Bahkan, dengan nada "mengajak", Bupati minta Balai Sungai untuk membawa serta pihak-pihak terkait di Jakarta untuk datang melihat langsung kondisi sungai yang berada di sebelah pemukiman warga Kampung Tarandam. 

"Mohon disampaikan agak tajam oleh Balai Sungai ke pusat, dan sekali-kali ajak juga pihak di Jakarta itu untuk datang ke sini," pinta Muzni. 

Dalam kesempatan tersebut, Wagub Sumbar, Nasrul Abit, juga meminta pihak Balai Sungai untuk meninjau ulang terkait kebijakan mereka terhadap Batang Suliti yang berada di dekat perkampungan Kampung Tarandam, agar kejadian serupa tidak terus terulang. (hms)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan