17 Oktober 2019

Bupati Pasaman Buka Bimtek Gerakan PKK Tahun 2019


PASAMAN(GemaMedianet.com— Tim Penggerak PKK merupakan salah satu organisasi yang lahir dan berkembang sebagai wujud partisipasi melalui pelaksanaan program yang bervariasi sesuai dengan karakteristik serta potensi yang dimiliki dalam mewujudkan keluarga yang sejahtera.

Hal tersebut disampaikan Bupati Pasaman, H. Yusuf Lubis saat membuka acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Gerakan PKK tahun 2019 bertempat di Gedung Syamsiar Thaib, Lubuk Sikaping, Kamis (17/10/2019).

Bupati Yusuf Lubis menyebutkan, penyelenggaraan Bimtek merupakan penjabaran dari pelaksanaan program kerja TP PKK Pasaman, dimana selain kegiatan yang langsung menyentuh keluarga dan masyarakat juga diiringi dengan kegiatan peningkatan pengetahuan pembinaan keluarga.

Dimana kata bupati, setiap program kerja tersebut diharapkan pengurus PKK mulai dari tingkat kabupaten sampai ke Dasawisma mampu mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilannya di tengah-tengah keluarga dan masyarakat.

"Mari ikuti Bimtek ini dengan sebaik baiknya. Karena kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kemajuan gerakan PKK di Pasaman, terutama dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pasaman," ajak Yusuf Lubis.

Sementara itu, Wakil Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Barat, Wartawati Nasrul Abit menyebutkan, Pembinaan dan Bimtek ini adalah kegiatan rutin yang lakukan di provinsi, yang gunanya untuk mengingatkan kembali peranan PKK di tiap daerah, sehingga diperlukan adanya kordinasi.

Nyonya Wartawati juga mengingatkan tentang peranan penting dari TP-PKK yang ada di daerah dalam mensukseskan 10 program pokok PKK, yang mana apabila dapat diterapkan akan menjadi sukses daerah dalam pembangunan dan peningkatan kesejahteraan warganya.

"Segera mengantisipasi dengan memberikan penyadaran dan pemahaman pada keluarga dan masyarakat akan bahaya perilaku LGBT dan pemakaian narkoba melalui program pembinaan gerakan PKK sehingga keluarga dapat memberikan pola asuh serta keteladanan yang benar terhadap anak agar mereka terhindar,” katanya.

Sebelumnya, Ketua TP PKK Kabupaten Pasaman, Ny Suryani Yusuf Lubis dalam laporannya mengatakan, TP-PKK Kabupaten Pasaman telah banyak melaksanakan kegiatan walaupun belum maksimal masih banyak kekurangan dan kelemahan. Namun kami tetap optimis terus berkarya melalui gerakan PKK.

Kata Suryani, dalam melaksanakan kegiatan yang sudah disusun dalam program kerja tahun 2019 pihaknya sudah melaksanakan revisi kepengurusan, karena ada diantara Ibu pengurus yang pindah tugas sesuai SK Ibu TP PKK saat itu Ny Suryani Yusuf Lubis Nomor 03/KEP/PKK.KAB/III/2019.

"Pada tanggal 22 melaksanakan lomba Ketua Dasawisma tingkat kabupaten Pasaman dan diperoleh nominasi dan dilanjutkan dengan penilaian lapangan pada tanggal 25 - 28 Januari 2019," ujarnya. 

Saat ini, kata Suryani lagi, TP PKK Pasaman memiliki 4 pokja. Dalam 4 Pokja tersebut, berbagai kegiatan dan sosialisasi telah dilakukan ditengah masyarakat. Begitupun penghargaan juga sudah banyak diraih oleh TP PKK Pasaman, baik tingkat Kabupaten maupun tingkat provinsi Sumbar.

Pada Pokja I, kita mengarahkan pembinaan mental spiritual dalam rangka peningkatan kualitas SDM menuju masyarakat yang agamis dan berbudaya. 

"Dari 10 program PKK ada dua program yang dilaksanakan yakni, penghayatan dan pengamalan pancasila, dan gotong royong," terangnya.

Selanjutnya pada Pokja II, kegiatan yang dilakukan pencanangan Dasawisma tahun 2019, melaksanakan anjang sana ke panti asuhan, mempersiapkan kunjungan kerja Ivu OASE di PAUD Khairunnisa, dan mengikuti pameran UP2K.

Kemudian, Pokja III adalah, Pembinaan Hatinya PKK, sosialisasi pangan aman, dan sosialisasi menu B2SA serta kegiatan lainnya. 

"Pada Pokja IV juga telah dilaksanakan kegiatan, seperti pembinaan Posyansu Al-Fallah, dan kegiatan sosialisasi 1000 hari pertama untuk pencegahan Stunting," terangnya. (Noel)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan