09 Agustus 2019

Warga Soriak Terkena DBD, Dinkes Lakukan Fogging Hingga ke Lokasi Berdekatan Dengan Pemukiman


PASAMAN(GemaMedianet.com— Tim Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pasaman, melakukan fogging (pengasapan) di Kampung Sorik Jorong Sentosa Nagari Panti Kecamatan Panti, Jum'at (9/8/2019).

Fogging tersebut dilakukan dikarenakan ada tiga orang warga di daerah tersebut menderita penyakit demam berdarah (DBD).

Informasi diperoleh beberapa waktu lalu, tiga orang warga Soriak terkena DBD dan sempat menjalani perawatan di RSUD Lubuksikaping. Untuk mencegah adanya kasus DBD lainnya, maka tim Dinkes bersama Puskesmas Panti, melakukan fogging sebagai langkah pencegahan berkembangnya nyamuk tersebut.

Fogging dilakukan di seputaran rumah warga di Kampung Sorik, dan beberapa lokasi lainnya yang berdekatan dengan pemukiman  warga tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Pasaman, dr Arnida melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Ihsan Siregar membenarkan bahwa, pihaknya telah melakukan fogging di daerah Kampung Sorik Jorong Sentosa dengan tujuan fokus memberantas nyamuk DBD di pemukiman penduduk tersebut.

“Sejak beberapa hari terakhir memang ada tiga orang warga di daerah itu yang terkena DBD dan menjalani perawatan di RSUD Lubuksikaping," ungkap Ihsan.

Disebutkan, setiap ada kasus DBD, tim langsung bergerak cepat melakukan penyelidikan epidemiologi (PE) untuk mencari tempat atau sumber perkembang biakan nyamuk aedes aegypti penyebab DBD di sekitar lingkungan tempat tinggal penderita, setelah ditemukan tim bertugas melakukan pengasapan (fogging).

Kata Ihsan, mencegah munculnya BDB bagi masyarakat diharapkan rutin melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk dengan gotong-royong membersihkan lingkungan tempat tinggal. “Misalnya, mengubur wadah yang bisa menampung air bersih jadi berkembang biak nyamuk itu, termasuk menguras bak mandi,” pesan Ihsan.

Dia juga menyampaikan bahwa, Fogging sifatnya hanya sementara bukan pencegahan jangka panjang. "Kalau mau terhindar harus melalui pengendalian lingkungan," katanya.

Ia meminta warga di Pasaman khususnya di daerah yang terkena kasus DBD untuk giatkan lagi upaya Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) 3M Plus secara rutin yang lebih efektif dari pada fogging.

"PSN melalui 3M Plus serta pemberian butiran Larvasida pada kontainer atau bak penampungan air, pot bunga dan sejenisnya ialah cara ampuh mengatasi DBD," tukas Ihsan. (Noel)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan