27 Februari 2019

Wujudkan Keluarga Sejahtera, DP3AP2KB Kota Padang Sosialisasi Advokasi dan KIE Program KKBPK


PADANG(GemaMedianet.com— Di setiap kelurahan di Kota Padang terdapat Kampung Keluarga Berencana (KB) yang bertujuan untuk melaksanakan berbagai fungsi keluarga dalam rangka mewujudkan keluarga yang sejahtera, terbebas dari kebodohan, kemiskinan dan keterbelakangan.

"Oleh sebab itu, daerah memiliki keleluasaan untuk mengembangkan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), agar lebih berhasil dan bermanfaat bagi orang banyak," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Padang, Heryanto Rustam usai menghadiri Sosialisasi Advokasi dan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) program KKBPK bersama mitra kerja di lapangan parkir Masjid An-Nur Belimbing, Senin (25/2/2019). 

Kota Padang telah berhasil melaksanakan Program KB, sehingga pemerintah memberikan penghargaan di tingkat Sumbar dan nasional. Program KKBPK ini aspek pengendalian kuantitas penduduk dan aspek peningkatan kualitas penduduk dalam hal ini diukur dengan peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarganya.

Untuk itu, kata Heryanto Rustam, peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarga dapat ditelusur melalui berbagai indikator yang merupakan pencerminan dari pelaksanaan 8 fungsi keluarga yang tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 87 Tahun 2014 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga. 

Sementara, Anggota DPR RI Suir Syam dari Komisi IX DPR RI yang membidangi masalah kesehatan dan tenaga kerja, serta pernah dua periode menjabat  Walikota Padang Panjang mengatakan, bahwa program dua anak dalam program KB bertujuan untuk membentuk generasi yang sehat dan cerdas. 

Namun demikian, sebut Suir Syam, meskipun menjadi kewenangan daerah, dalam pelaksanaannya, arah program KKBPK tetap harus mengacu pada kebijakan BKKBN Pusat sebagai Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang bertanggung jawab terhadap keberhasilan program KKBPK secara nasional. 

"Pada gilirannya semua daerah diharapkan dapat saling bersinergi dalam mencapai keberhasilan program KKBPK secara umum," pungkas Suir Syam. (Z/Hms)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan