29 April 2024

Nota Pengantar LKPj Bupati Pesisir Selatan Tahun 2023 Diparipurnakan


PESSEL, (GemaMedianet.com) Dalam rangka mendengarkan Nota Pengantar Laporan Keterangan Pertanggung jawaban (LKPj) Bupati Pesisir Selatan (Pessel) Tahun Anggaran 2023, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat mengelar sidang paripurna, Senin (29/4/2024).

Sidang paripurna tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Pessel, Jamalus Yatim, dihadiri oleh anggota DPRD setempat, Bupati Pessel Rusmayul Anwar, Sekda Mawardi Roska, Sekwan Ikhsan Busra, Forkompinda, dan kepala OPD) serta undangan lainnya.

Dalam penyampaian nota LKPj tersebut, Bupati Pessel Rusma Yul Anwar mengatakan, hal itu merupakan amanat Undang Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, dimana pada Pasal 69 menyatakan bahwa kepala daerah wajib menyampaikan laporan keterangan pertanggungjawaban kepada DPRD selambat-lambatnya tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir.

"Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) ini disusun berdasarkan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Pessel Tahun Anggaran 2023 berikut dengan perubahannya yang mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Pessel Tahun 2021-2026, yang memuat Laporan Kinerja Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2023," katanya.

LKPj Bupati Pessel Tahun Anggaran 2023 ini, lanjutnya, disusun dalam bentuk buku laporan yang menjadi lampiran yang tidak terpisahkan dari Nota Pengantar LKPj tersebut.

Dalam penyusunannya mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.


Dikatakannya, Nota Pengantar LKPj Tahun 2023 disampaikan sebagai bentuk komitmen bersama terhadap transparansi dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. 

Oleh karena itu, pemerintah daerah berharap rekomendasi, masukan serta pemikiran yang konstruktif dari pimpinan dan anggota DPRD Pessel terhadap capaian kinerja yang tersaji di dalam LKPj.

Harapannya tentu agar kedepannya penyelenggaraan pemerintahan daerah dapat ditingkatkan dan berjalan dengan baik dan demi kemajuan Kabupaten Pessel, pungkasnya. (ADV)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan

Arsip Blog