04 Januari 2024

Anev Ops Lilin 2023, Kapolres Pasbar: 22 Kasus Konvensional dan Satu Kasus Transnasional




PASBAR, (GemaMedianet.com) I Kepolisian Resor (Polres) Pasaman Barat menyampaikan hasil pelaksanaan Operasi Lilin Singgalang 2023 yang dilaksanakan sejak tanggal 22 Desember 2023 sampai 2 Januari 2024 pukul 00.00 WIB.

Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki mengatakan bahwa hasil pelaksanaan operasi Kepolisian terpusat Lilin Singgalang 2023 diwilayah hukum Polres Pasaman Barat pada umumnya berlangsung dengan aman dan tertib.

“Dapat kami sampaikan secara umum pelaksanaan operasi Lilin Singgalang 2023 di Polres Pasaman Barat berjalan dengan aman dan lancar, mengerahkan personel sebanyak 100 orang, dan menggelar dua Pos Pengamanan dan tiga Pos Pelayanan,” ungkap AKBP Agung Basuki di Simpang Empat, Rabu (3/1/2024).

Saat menggelar analisa evaluasi (anev) hasil Operasi Lilin Singgalang 2023 dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2024, Kapolres Pasaman Barat merincikan mengenai kecelakaan lalu lintas yang terjadi selama Operasi Lilin Singgalang 2023 sebanyak tiga kejadian, dengan jumlah korban luka ringan sebanyak empat orang dan satu orang yang mengalami luka berat, untuk korban meninggal dunia tidak ada.

“Jumlah pelanggaran lalu lintas selama Operasi Lilin Singgalang 2023 ini cukup banyak dengan rincian jumlah tilang 57 lembar dan teguran sebanyak 185 kali, sedangkan kerugian materil sebanyak Rp. 1,3 juta,” ungkapnya.

Lebih lanjut AKBP Agung Basuki menjelaskan, dalam pelaksanaan Operasi Lilin Singgalang 2023 yang digelar selama 12 hari ini, situasi kamtibmas menunjukkan terjadi 22 kasus konvensional dan satu kasus transnasional.

"Kejahatan konvensional terjadi 22 kasus yang meliputi kasus penganiyaan, penggelapan, pencurian penipuan, pengancaman serta persetubuhan, kejahatan transnasional (ungkap Narkotika) terjadi satu kasus kejahatan," ungkapnya.

Selain mengamankan pada malam perayaan tahun baru, pihaknya juga menempatkan beberapa personelnya untuk mengamankan malam misa dan perayaan Ibadah Natal di 22 rumah Ibadah umat Nasrani yang tersebar diwilayah hukum Polres Pasaman Barat.

“Beberapa personel juga kami tempatkan di 22 rumah ibadah, agar umat Nasrani dapat merayakan Natal dengan penuh suka cita, upaya dalam mengantisipasi terjadinya hal-hal yang dapat menganggu kamtibmas sudah kami lakukan dengan menempatkan personel yang berpakaian seragam guna mengamankan gereja pada saat ibadah Natal berlangsung,” ujar Kapolres.

AKBP Agung Basuki menerangkan, laporan ini mencerminkan keseriusan yang dihadapi Polres Pasaman Barat dalam menjaga keamanan dan keselamatan warga selama operasi Lilin Singgalang 2023. Langkah-langkah pencegahan dan penanganan lebih lanjut diharapkan menjadi prioritas demi menciptakan harkamtibmas yang lebih aman. 

“Laporan ini memberikan gambaran komprehensif mengenai langkah-langkah proaktif yang diambil oleh Polres Pasaman Barat untuk menjaga keamanan dan keselamatan selama operasi ini serta persiapan dalam menghadapi Pemilu 2024,” ujar Kapolres mengakhiri. 

(pr)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

BUMN

REMAJA DAN PRESTASI


Iklan