17 Desember 2023

Kepala BWSS V Padang Much Dian Alma'ruf Buka Kontes Ayam Kukuak Balenggek




PADANG, (GemaMedianet.com) Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V Padang Much Dian Alma'ruf resmi membuka Kontes Ayam Kukuak Balenggek, yang dilaksanakan di Danau Cimpago Kota Padang,  Sumatera Barat (Sumbar), Minggu (17/12/2023).

Kegiatan ini diadakan oleh Komunitas Ayam Kukuak  Balenggek Sumatera Barat bekerjasama dengan Balai Wilayah Sungai Sumatera V dalam rangka memperingati Hari Jadi PUPR yang ke-78 tahun. 

Dalam sambutannya Much Dian Alma'ruf  mengatakan, Danau Cimpago Kota Padang ini perlu dijaga kelestarian dan kebersihannya. 

Ketika danau bersih, mari kita adakan iven disini. kalau kita ada kegiatan danau ini akan tetap terjaga, ujarnya.

Diungkapkannya, kegiatan ini terlaksana ketika berbincang- bincang dengan pak Rosi Herman , apa Iven yang bisa dilakukan dalam waktu dekat. Maka disimpulkanlah bersama pak Rosi kita bisa adakan Kontes Ayam Kukuak Balenggek, tutur Dian menceritakan.

Lebih lanjut dikatakannya, kontes ayam kukuek balenggek ini juga berkaitan dengan Hari Jadi PUPR ke-78 tahun.

Kontes ini, selain memperkuat tali silaturrahmi juga memiliki nilai ekonomi, tambah Dian.

Tak hanya itu, Endemik Ayam Kukuak Balenggek bisa mengangkat Nilai Budaya khas Sumatera Barat.

"Dengan membaca bismillahirrahmanirrahim kontes ayam kukuek balenggek dalam rangka memperingati Hari Jadi PUPR ke 78 tahun resmi dibuka," kata Dian saat membuka kegiatan tersebut.

Di kesempatan yang sama, Rosi Herman Ketua Komunitas Ayam Kukuak Balenggek Sumatera Barat menjelaskan, Ayam kukuak balenggek adalah ayam kampung asli Sumatera Barat. Ayam endemik ini hanya dapat ditemukan di wilayah Kabupaten Solok, terutama Kecamatan Payung Sakaki dan Tigo lurah.

Solok adalah sebuah Kabupaten di Provinsi Sumatera Barat. Kabupaten ini saat ini merupakan salah satu sentra produksi beras terbesar di Sumatera Barat. Seiring waktu, Ayam kukuak balenggek resmi dijadikan sebagai fauna maskot Kabupaten Solok pada tahun 1996, jelas Rosi Herman. 

#mz

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan

Arsip Blog