21 November 2023

RUD VI HPJI, Gubernur Sumbar Berharap Pembangunan Jalan Kedepankan Inovasi



PADANG, (GemaMedianet.com) I Pembangunan infrastruktur jalan di Sumatera Barat (Sumbar) diharapkan dapat mengedepankan inovasi, sehingga mampu menjawab kebutuhan zaman yang bergulir begitu cepat.

Gubernur Sumbar Mahyeldi menilai, proses perbaikan jalan yang dilakukan saat ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Setelah jalan rusak dikikis, ada rentang waktu pembiaran yang cukup lama, sehingga seringkali menyebabkan kemacetan panjang.

Untuk dia berharap, HPJI sebagai wadah bisa mendorong munculnya inovasi tersebut dan mendorong anggotanya untuk menerapkannya di lapangan.

Gubernur kembali menekankan, infrastruktur memiliki peran penting dalam merangsang pertumbuhan ekonomi. Terlebih, Sumbar merupakan salah satu lokomotif pertanian nasional. Karena itu kelancaran jalur distribusi hasil pertanian harus menjadi prioritas.

"Kita menginginkan agar kualitas ruas jalan strategis yang menjadi penghubung antar wilayah itu memadai dan tahan lama," cakapnya.

Mahyeldi juga mengungkapkan persoalan lainnya tentang jalan di daerah-daerah adalah berkaitan dengan terbatasnya anggaran. Apalagi pembangunan Infrastruktur adalah pembangunan berbiaya tinggi, terutama pembebasan lahan.

"Semoga RUD-HPJI ini dapat melahirkan pikiran-pikiran dan masukan-masukan yang baik untuk pemerintah," ujarnya.

Penegasan itu disampaikan Gubernur Sumbar Mahyeldi saat membuka Rapat Umum Daerah (RUD) VI Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia (HPJI) Sumbar di Hotel Pangeran Beach Padang, Selasa (21/11/2023).

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumah Rakyat (PUPR) Sumbar, Era Sukma Munaf mengatakan, HPJI merupakan salah satu organisasi strategis di Indonesia, yang memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan negeri, sekaligus mendapat mandat dalam melaksanakan program sertifikasi jalan dan jembatan.

Era Sukma berharap HPJI kedepannya bisa lebih berkiprah di daerah disesuaikan dengan perkembangan/kemajuan teknologi, kompentensi personal, inovasi dan kondisi sosial ekonomi untuk pembangunan jalan yang berkelanjutan di Sumbar.

Untuk itu, Era Sukma mengajak Pengurus HPJI Sumbar nantinya agar terus meningkatkan kemampuan dalam membangun komunikasi efektif dengan sesama anggota maupun organisasi profesi dan keahlian di bidang di pemerintahan, sehingga semua program yang dijalankan oleh organisasi dapat disinergikan.

RUD HPJI yang dilaksanakan memilih Ketua dan pengurus HPJI periode 2023-2027 tersebut mengusung tema Inovasi Penanganan Tebing dan Lereng yang Efisien dan Kokoh. Terpilih sebagai Ketua HPJI periode 2023-2027 Era Sukma Munaf.

(em) 

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

BUMN

REMAJA DAN PRESTASI


Iklan