21 Juli 2023

Mario Syah Johan Jemput Aspirasi Masyarakat di Nagari Pasar Muara Labuh, Mulai Dari Program Peningkatan SDM, Infrastruktur dan Alsintan


SOLSEL, (GemaMedianet.com| Dalam Masa Reses Sidang Ketiga Tahun 2023, sebanyak 65 Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) kembali mengunjungi dan menjemput aspirasi masyarakat di daerah pemilihannya (Dapil) masing-masing. Salah satunya seperti yang dilaksanakan oleh Mario Syah Johan di dapil 7.

Reses ini dijadualkan akan berlangsung selama delapan hari dari tanggal 20 hingga 27 Juli 2023 mendatang. 

Di hari pertama, Mario Syah Johan bersilaturahmi dengan masyarakat di Nagari Pasar Muara Labuh, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan, Kamis (20/7/2023) malam.

Antusias masyarakat menghadiri kegiatan inspiratif dan aspiratif itu cukup tinggi. Pasalnya, kegiatan reses dan silaturahmi yang diikuti para milineal, pemuda-pemudi itu juga dihadiri oleh tokoh masyarakat, dan angku-angku niniak mamak.

Dalam mengawali pertemuan itu, Mario SyahJohan menyampaikan, reses merupakan masa istirahat bersidang bagi Anggota DPRD dan dalam masa itu  berkewajiban untuk  mengunjungi serta menjemput aspirasi masyarakat di dapil.

"Kegiatan malam ini merupakan salah satu rangkaian reses masa sidang ketiga, dimana selain bersilaturahmi dengan masyarakat dapil 7 meliputi Kabupaten Solok Selatan, Kota Solok dan Kabupaten Solok, sekaligus juga menjemput aspirasi masyarakat," kata Mario Syah Johan, yang dikenal konsisten dengan tagline "Membangun dari pinggiran" ini.

Lebih jauh Mario menyampaikan, kondisi perekonomian global yang tidak menentu saat ini sangat berpengaruh pada perekonomian lokal. Oleh karena itu masyarakat mesti berpacu dalam meningkatkan dan mempertahankan perekonomiannya. Setidaknya dituntut untuk lebih kreatif dalam menciptakan peluang guna menopang kesejahteraan keluarga.

"Tentu, dalam hal ini masyarakat membutuhkan stimulan. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) misalnya harus menikmati atau merasakan program yang membantu ekonomi di saat keadaan yang bisa dibilang sulit," ujar Mario.

Menurutnya, UMKM saat ini sangat mendominasi struktur pelaku ekonomi pada umumnya. Oleh karena itu dibutuhkan perhatian terhadap UMKM baik melalui program pelatihan-pelatihan dalam rangka peningkatan sumber daya manusia (SDM), maupun memberikan bantuan-bantuan yang relevan baik material maupun immaterial.

"Pada gilirannya UMKM akan dapat terus mengembangkan diri dan menularkannya  kepada mereka yang membuka usaha baru, sehingga dapat menopang ekonomi keluarga," tuturnya.


Untuk itu Mario berpesan, masyarakat harus bijak memilih pemimpin yang bisa memperjuangkan aspirasi masyarakat.

"Bijak lah memilih pemimpin terutama di masa-masa ini karena merupakan tahun politik jelang pesta demokratis yang akan dilaksanakan tahun mendatang," pungkas Mario yang dikenal bekerja nyata dalam kiprahnya mewakili masyarakat Solok Selatan.

Gayung bersambut, apa yang disampaikan Mario Syah Johan itu secara umum diamini oleh masyarakat yang menghadiri reses dan Silaturahmi tersebut. Mereka secara bergantian mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada Mario Syah Johan, karena dinilai konsisten dalam menganggarkan untuk Program Pelatihan berupa Bimbingan Teknis (Bimtek) UMKM dan Balai Latihan Kerja (BLK).

"Kami sangat berterima kasih karena diikutsertakan dalam program Bimtek. Sangat bermanfaat bagi pelaku UMKM, dan sudah ribuan yang mendapat jatah pelatihan tersebut semenjak bapak Mario Syah Johan menduduki kursi di DPRD Sumbar," ungkap beberapa perwakilan masyarakat di kesempatan itu.

Sekaitan itu masyarakat berharap, Program Bimtek UMKM dapat terus berlanjut karena menurut mereka ilmu yang didapat bisa dikembangkan untuk membuka usaha sendiri dan sangat membatu ekonomi keluarga.

Selain Program Bimtek, beberapa aspirasi masyarakat yang disampaikan diantaranya di bidang pertanian berupa permintaan Bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan), dan bantuan bibit. Selanjutnya pembukaan jalan usaha tani produksi, pembangunan jalan lingkung dan Pelatihan BLK berupa keterampiran membuat kue, kecantikan, otomotif dan menjahit.

(mz) 

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan