27 Mei 2023

Ermizen : Pessel Miliki SDA Yang Cukup Untuk Dikembangkan



PESSEL, (GemaMedianet.com| Kabupaten Pesisir Selatan yang memanjang dari Utara ke Selatan dalam Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) ini memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang cukup untuk dikembangkan, seperti sektor pariwisata, pertanian, perkebunan dan kelautan. Bahkan, sektor pertambangan.

Apabila dikelola dengan baik akan menambah sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD), dan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di kabupaten tersebut

Ketua DPRD Kabupaten Pesisir Selatan Ermizen mengatakan, dalam rangka optimalisasi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pemerintah Kabupaten Pesisir harus melakukan usaha yang maksimal dengan menggali dan mencari seluruh sumber daya yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan.

Ia menjelaskan, untuk peningkatan PAD di Kabupaten Pesisir Selatan cukup banyak potensi yang bisa dikembangkan, baik itu sumberdaya Manusia (SDM) maupun sumber daya Alam (SDA).

Atau sumberdaya lainnya yang mampu meningkatkan PAD. Hal ini disejalankan dengan perubahan regulasi di bidang pajak dan retribusi daerah, jelas Ermizen
lagi.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan harus membuat inovasi, kreasi dan terobosan-terobosan yang mampu merubah serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Selain itu, UMKM juga harus ditingkatkan seperti memberikan perhatian dan pembinaan kepada pelaku UMKM, sehingga keberadaan UMKM mampu menjadi penggerak perekonomian dan pembangunan.

"Sektor ini banyak yang diabaikan, padahal sektor UMKM sangat penting dan mampu sebagai penggerak perekonomian masyarakat yang berdampak terhadap pembangunan daerah," ujarnya.

Dikatakannya, sektor UMKM ini perlu dilakukan pembinaan, baik dari segi permodalan maupun dari segi produksi sampai pada pemasaran.

Menyangkut masalah pertambangan, menurut Ermizen, daerah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) punya seperti Tambang Emas Bukit Harun dan Tambang Batu Bara.

"Sektor pertambangan ini kalau kita garap dengan baik, dinilai akan mampu menjadi sumber pendapatan daerah maupun sebagai penggerak perekonomian masyarakat," jelasnya.

(Don)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan