27 Mei 2023

Baru Selesai Bahu Beton Jalan Nasional di Kawasan Batang Anai Telah Retak, Ini Penjelasan PPK 1.1



BATANGANAI, (GemaMedianet.com| Baru selesai dikerjakan, beton bahu jalan dalam Pekerjaan Preservasi Jalan dan Jembatan di kawasan Batang Anai Lubuk Aluang Kabupaten Padang Pariaman Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Tahun Anggaran (TA) 2023 cepat mengalami kerusakan.

Hingga kini banyak ditemui di sana-sini perkerasan beton bahu jalan sepanjang ruas jalan nasional tersebut yang mengalami retakan.

Beberapa pengamat Konstruksi menilai, kasus retak (crack) pada perkerasan beton bahu jalan di ruas jalan nasional itu diduga disebabkan karena sifat beton yang kaku dan dalam pelaksanaan pekerjaan ini tidak ada penulangan (dowel) untuk menahan lendutan dan beban tarik hingga mengakibatkan retak.

Selain itu, ada penyebab lain yang mengakibatkan kerusakan pada beton tersebut, yaitu beton belum mencapai umur tapi sudah harus dilakukan open traffic, kata Darma ST, salah seorang pengamat kontruksi, kemarin.

Di sisi lain, kondisi ini kian memiriskan karena dari data yang diterima di lingkungan BPJN III Padang, sejak TA 2019 saja paket proyek di ruas jalan ini terus didanai anggaran puluhan miliar, dan berlanjut hingga TA saat ini.

Walhasil, paket proyek tahun ini yang dikerjakan oleh kontraktor CV. Bangun Persada ini terkesan mubazir dan menghambur-hamburkan uang negara puluhan miliar yang notabenenya berasal dari pajak rakyat ini.

Bak kata Pepatah Minang, Pitih Habih Samba Tak Lamak (Uang habis, makanan yang dimasak tak enak, red)

Ada dugaan penanganan paket pekerjaan yang berada di bawah PPK 1.1 Satuan Kerja Pelaksana Jalan Nasional (Saker PJN) Wilayah I Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) ini dibiarkan kurang pengawasan, karena toh juga bakal dianggarkan di tahun berikutnya, seperti yang sudah-sudah.

Ketika hal itu dikonfirmasikan GemaMedianet.com kepada PPK 1.1 Nasir, Jum'at (26/5/2023) dia mengawalinya dengan ucapan terimakasih atas informasi dari awak media.

Selanjutnya Nasir menjelaskan, bahwa untuk pekerjaan bahu beton memang tidak ada dalam gambar perencanaan, penulangan (dowel) yang dimaksud.

"Jadi, hanya beton saja dengan mutu Beton FC15. Pekerjaan beton telah kita laksanakan sesuai dengan Spesifikasi Umum Tahun 2018 Revisi 2," ujarnya.

Selanjutnya, rabat bahu beton, kata Nasir, fungsinya untuk memperkuat jalan aspal agar tetap kuat dan menghindari pinggir jalan bergelombang.

Sementara keretakan beton, sebut Nasir, terjadi karena beton bahu jalan tersebut sering dilalui oleh kendaraan besar bermuatan berat. Bahkan, ada yang parkir di lokasi bahu beton tersebut.

Oleh karena itu, lanjutnya, pada saat setelah selesai pengecoran dilakukan pemasangan police line pada lokasi tersebut, agar beton tidak dilalui oleh kendaraan melintas.

Kemudian, untuk dalam hal pengawasan, Nasir menyatakan telah menempatkan pengawas dari PPK dan pengawas Konsultan Supervisi pada saat pelaksanaan pekerjaan di lapangan.

"Jadi, setiap pelaksanaan pekerjaan selalu dilakukan pengawasan. Demikian penjelasan dari kami pak, terimakasih," tukas Nasir. 

(mz

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan