26 April 2023

Pasca Gempa M7.3, Kapolres Pasaman Barat Tinjau Pemukiman Warga di Pantai Sikabau



PASBAR (GemaMedianet.com| Pasca gempa berkekuatan Magnitudo 7,3 yang terjadi pada pukul 03.00 WIB dini hari, yang berpusat di 0.93 Lintang Selatan dan 98.39 Bujur Timur, tepatnya 177 kilometer di Barat Laut Mentawai pada kedalaman 84 kilometer.

Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki, S.I.K., M.M bersama PJU Polres Pasaman Barat dan komunitas Brata (Bhayangkara Trail Adventure) Polres Pasaman Barat meninjau pemukiman warga masyarakat yang tinggal di Pesisir Pantai Sikabau Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Sungai Beremas, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), Selasa siang (25/4/2023).

Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki, S.I.K, MM mengatakan kegiatan peninjauan ini perlu dilakukan mengingat pihak BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) mengeluarkan peringatan dini Tsunami untuk warga yang tinggal di sepanjang garis pantai khususnya yang tinggal di Pantai Sikabau.

“Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) merupakan wilayah yang memilki garis pantai yang cukup panjang, kita meninjau situasi masyarakat dan kondisi langsung di lapangan pasca terjadinya gempa yang terjadi dini hari tadi,” ungkap AKBP Agung Basuki.


Dari hasil pantuan Kapolres bersama rombongan, objek wisata yang berada di sepanjang pantai seperti Pantai Sasak dan Pantai Sikabau tidak ramai dikunjungi oleh wisatawan yang berlibur pada hari Raya Idul Fitri 1444 H, karena banyak dari masyarakat yang takut akan datangnya gempa susulan. Sementara korban jiwa maupun korban materil atau pun rumah yang ambruk tidak ada ditemukan pasca gempa yang berkekuatan M7,3.

Setelah meninjau pemukiman warga di sepanjang Pantai Sikabau, Kapolres bersama rombongan bergerak untuk mengecek Pos Pengamanan Operasi Ketupat Singgalang 2023 yang berada di Pantai Sikabau,  
 
Pengecekan Pos Pengamanan di Pantai Sikabau ini bertujuan untuk memantau kesiapsiagaan dari petugas Pos Pengamanan, serta memastikan kesiapan dan kenyamanan para wisatawan dalam rangka menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban serta mengantisipasi terjadinya bencana alam di Objek Wisata Pantai Sikabau.

Di kesempatan itu, Agung Basuki meminta agar setiap personel yang bertugas untuk tetap melaksanakan kegiatan pengamanan dengan penuh rasa tanggung jawab, serta terus memberikan himbauan secara humanis kepada masyarakat yang berwisata.

Agung juga meminta, apabila ada warga masyarakat yang mungkin kurang paham, berikan pemahaman dan himbauan secara humanis tanpa arogansi. 

Laksanakan patroli di lokasi rawan tindak pidana dan kemacetan lalu lintas pada objek wisata, tutur kapolres mengakhiri. 

(HRP)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan