25 April 2023

Gempabumi Tektonik M7.3 di Pantai Barat Sumatera dan Kabupaten Kepulauan Mentawai Berpotensi Tsunami




JAKARTA, (GemaMedianet.com| Berdasarkan kejadian dan Parameter Gempabumi pada Hari Selasa 25 April 2023 pukul 03.00.57 WIB, wilayah Pantai Barat Sumatera diguncang gempa tektonik.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Dr. Daryono, S.Si, M.Si menyampaikan, hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan Magnitudo M6.9. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0,94° LS ; 98,38° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 177 Km Baratlaut Kepulauan Mentawai Sumatera Barat pada kedalaman 23 km.

Terkait Jenis dan Mekanisme Gempabumi, Daryono mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Kemudian dampak gempabumi, peristiwa ini berdampak dan dirasakan di daerah Siberut, Mentawai  dengan skala intensitas VI MMI (Getaran dirasakan oleh semua penduduk. Kebanyakan semua terkejut dan lari keluar, plester dinding jatuh dan cerobong asap pada pabrik rusak, kerusakan ringan), sedangkan daerah Pasaman Barat, Padang Pariaman, Agam dan Padang dengan skala intensitas V MMI (*Getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk, orang banyak terbangun, gerabah pecah, barang-barang terpelanting, tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang, bandul lonceng dapat berhenti). Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini  BERPOTENSI TSUNAMI.
Daerah yang berpotensi terdampak tsunami dengan Status Waspada di daerah Nias Selatan, Pulau Tanabala Sumatera Utara.

Selanjutnya, Gempabumi Susulan, bahwa hingga pukul 04.00 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya lima aktivitas gempabumi susulan (aftershock) dengan magnitudo terbesar M4,6.

Sekalian itu, maka BMKG merekomendasikan, kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah.

BMKG selanjutnya akan terus melakukan monitoring muka air laut.Masyarakat yang berada di wilayah potensi tsunami agar tetap tenang dan menjauhi pantai hingga BMKG menyampaikan Peringatan Dini Tsunami Berakhir, jelasnya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

(pr) 

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan