11 Maret 2023

Empat Nagari di Kecamatan Timpeh Direndam Banjir



DHARMASRAYA (GemaMedianet.com| Hujan deras semalaman dan berlangsung hingga siang mengakibatkan empat nagari di Kecamatan Timpeh Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) terendam banjir, Jumat (10/3/2023).

Peristiwa itu juga mengakibatkan meluapnya Sungai Batang Timpeh. Sejumlah rumah dan akses jalan di empat nagari tersebut juga tak luput dari rendaman banjir.

Namun demikian, tidak ada korban jiwa akibat peristiwa tersebut. Hanya kerugian ditaksir ratusan juta lebih.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Dharmasraya, Eldison, yang di temui awak media mengatakan, akibat hujan yang sangat lebat dari malam hingga hari ini telah terjadi banjir di empat nagari pada Kecamatan Timpeh Kabupaten Dharmasraya.

"Keempat nagari yang dilanda banjir itu, yakni Nagari Tabek, Nagari Taratak Tinggi, Nagari Timpeh, dan Nagari Ranah Palabih," terang Eldison kepada awak media.

Eldison menyebutkan, akibat peristiwa tersebut, BPBD Dharmasraya telah melakukan koordinasi dan kerja sama dengan TNI–Polri untuk melakukan evakuasi warga yang menjadi korban banjir. 

Kemudian, pihaknya juga mendata sementara berapa rumah serta perkebunan masyarakat yang terdampak banjir.

Selain itu, BPBD juga menindaklanjuti instruksi serta perintah dari Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, dan Sekda Dharmasraya Adlisman agar setiap kecamatan dan nagari untuk meningkatkan kesiapan personel, sarana dan prasarana dalam rangka tanggap darurat di lokasi-lokasi bencana.

Terakhir, Eldison menyampaikan himbauan Bupati Dharmasraya, agar masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya bencana yang disebabkan hujan deras dan angin kencang yang di wilayahnya masing-masing.

#ek
#Editor : MRH

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan