03 Desember 2022

Talamau Diterjang Banjir dan Longsor, Polsek Talamau Siaga Dampak Bencana Alam



PASBAR, (GemaMedianet.com) | Hujan dengan intensitas tinggi yang melanda Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Sumatera Barat (Sumbar) mulai dari pukul 13.00 WIB, mengakibatkan banjir dan longsor di daerah Mudiak Simpang dan Kampung Alang, Nagari Kajai, Kamis (1/12/2022).

Banjir juga dipicu akibat meluapnya Batang Limpato setelah diguyur hujan lebat sepanjang Kamis itu.

Kapolsek Talamau Polres Pasbar  AKP Junaidi, SH ketika dikonfirmasi kemarin membenarkan peristiwa tersebut.

"Ya benar, telah terjadi bencana alam banjir dan longsor di Kecamatan Talamau akibat curah hujan yang cukup tinggi," kata AKP Junaidi di sela-sela kegiatan pengaturan dan pengamanan lalu lintas di lokasi genangan air akibat luapan Batang Limpato tersebut.

Disebutkannya, pada hari Kamis tanggal 1 Desember 2022 pukul 16.00 WIB, akibat curah hujan tinggi yang melanda Kecamatan Talamau telah terjadi bencana alam berupa banjir dan longsor di daerah Mudiak Simpang dan Kampung Alang

Dijelaskan, di daerah Jorong Kampung Alang sebanyak satu unit rumah milik warga, Enwi Astria ambruk akibat terbawa tanah yang longsor. Diperkirakan, kerugian akibat peristiwa itu lebih kurang 10 juta rupiah. Sedangkan untuk korban jiwa, nihil.

Kemudian, di Jorong Mudiak Simpang juga telah terjadi longsor dan banjir yang mengakibatkan akses jalan untuk sementara tidak dapat dilewati

Selain itu di beberapa titik jalan Nagari Kajai menuju Talu, adanya material longsor menutupi sebahagian badan jalan.

Untuk itu, Kapolsek menghimbau warga yang berdomisili di tepi sungai, agar terus meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman banjir dan longsor. Sebab hingga sore, hujan deras masih terus  berlangsung.

"Kita berdoa hujan segera redah. Apalagi hingga saat sekarang situasi cuaca masih dalam keadaan hujan," tuturnya sembari berjanji akan melaporkan perkembangan dampak akibat bencana banjir dan longsor.

(mz/fs)

0 comments:

Posting Komentar

Advertisement

loading...


eqmap

SUMATERA UTARA

Wedding Of

Wedding Of

POLDA SUMBAR

JMSI

JMSI

KOMUNITAS

KULINER


MENTAWAI


MANCANEGARA


Remaja dan Prestasi

Khazanah

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views



Terkini


HISTORIA


Rantau


Opini


FACEBOOK - TWEETER


BUMN










Adv