23 Oktober 2022

Satbinmas Polres Pariaman Dorong Optimalisasi Pekarangan Untuk Peningkatan Ekonomi Keluarga



PARIAMAN, (GemaMedianet.com| Tak hanya persoalan Kamtibmas, Polres Pariaman juga memberi perhatian terhadap pengembangan pertanian dan peternakan di Kota Pariaman.

Seperti kali ini melalui Satbinmas Polres Pariaman menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan mengangkat  tema "Peningkatan kemampuan di bidang pertanian dan perikanan dalam usaha peningkatan perekonomian".

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Mapolres Pariaman Jl. Imam Bonjol No. 37 Pariaman Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), Jum'at (21/10/2022) pagi.

Kegiatan yang dipimpin oleh Wakapolres Pariaman Kompol Jon Hendri SH didampingi Kasat Binmas Polres Pariaman AKP Haryani Bahri, SH itu menghadirkan Kabid Pemdes DPMD Kota Pariaman Fuadi M, serta Kepala UPT Balai Penyuluhan Pertanian dan Pangan Kota Pariaman Riska Hafizah, STP, MP.

Kegiatan dimulai pukul 09.10 WIB itu diikuti sebanyak 55 Orang perwakilan perangkat desa di seluruh Kota Pariaman.

Setelah melewati rangkaian kegiatan dari mulai pembukaan, berlanjut dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan doa, Wakapolres Pariaman berkesempatan memberikan sambutannya.

Wakapolres Pariaman Kompol Jon Hendri menyampaikan bahwa, kegiatan FGD kali ini bertujuan untuk memotivasi masyarakat guna mengembangkan pertanian dan peternakan di Kota Pariaman.

Dia juga memberikan gambaran dan motivasi kepada masyarakat supaya jangan malu untuk bertani. Menurutnya, bertani merupakan pekerjaan yang mulia dan tentunya memiliki potensi yang bagus ke depan.

Di tempat yang sama, Kasat Binmas Polres Pariaman AKP Haryani Bahri
menyampaikan, dalam rangka memotivasi masyarakat maka Sat Binmas ke depan akan menyambangi warga desa secara bergiliran setiap minggunya di Wilayah Hukum Polres Pariaman.

Sat Binmas Polres Pariaman, sebutnya juga akan siap membantu dan menjembatani masyarakat kepada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Pariaman untuk optimalisasi pekarangan guna mendukung ekonomi keluarga.

Di sisi lain, untuk warga yang kurang mampu Kasat Binmas meminta kepala desanya bisa menghubungi pihak Polres Pariaman karena Polres Pariaman setiap minggunya. mengadakan kegiatan "Jum'at Berkah".

Sementara narasumber dari Kabid Pemdes DPMD Kota Pariaman dan Kepala UPT Balai Penyuluhan Pertanian dan Pangan Kota Pariaman menyampaikan bahwa, tema dalam kegiatan ini yaitu "Optimalisasi pekarangan mendukung ekonomi keluarga."

Oleh karena itu, pekarangan bisa dimanfaatkan secara optimal sebagai lahan untuk bertani menggunakan sistim pot dan polibag.

Dengan sistim tersebut, maka akan memudahkan setiap keluarga dapat memenuhi kebutuhannya sehari-hari seperti sayuran, bawang dan cabe.

"Tanaman cukup ditanam di pekarangan dengan menggunakan pot dan polibag, serta secara teratur memberikan pupuk agar tanaman sehat dan segar," ujarnya.

Dengan adanya pemberian pemahaman dan cara bertani menggunakan sistim pot dan polibag di pekarangan ini, harapannya ke depan tentu mendapatkan dukungan dari pemerintah desa.

"Ke depan, desa harus menganggarkan dana sebanyak 20 persen dari dana desa untuk ketahanan pangan dan dimulai dari tahun ini," tuturnya.

Kegiatan tersebut kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh peserta kepada narasumber. Dalam sesi ini terlihat peserta tampak antusias mengikuti kegiatan hingga selesai pada pukul 11.25 WIB.

"Alhamdulillah, kegiatan berjalan lancar dan situasi terdapat dalam keadaan aman dan tertib," kata Kasi Humas Polres Pariaman di akhir kegiatan.

(mz/fs)

0 comments:

Posting Komentar

Advertisement

loading...


eqmap

SUMATERA UTARA

JMSI

JMSI

Mario Syahjohan

Mario Syahjohan

POLDA SUMBAR

KOMUNITAS

KULINER

MENTAWAI

MANCANEGARA


Remaja dan Prestasi

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views


Terkini



Rantau

HISTORIA



FACEBOOK - TWEETER


Artikel


BUMN


Khazanah






Adv