21 September 2022

Pasaman Meriahkan Perayaan Titik Kulminasi Dengan Gelaran Pasaman Equator Festival



PASAMAN, (GemaMedianet.com| Bonjol salah satu daerah di dunia yang dilewati garis Khatulistiwa. Sekaitan itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman melaksanakan perayaan titik kulminasi dengan bentuk Pasaman Equator Festival dipusatkan di Museum Tuanku Imam Bonjol, mulai 20-24 September 2022.

Festival dengan tema "Perayaan Titik Kulminasi Matahari" ini juga akan dimeriahkan dengan wisata edukasi, pentas seni, hingga bazar UMKM.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pasaman, Ahdi Susanto, Rabu (21/9/2022).

Ia juga menjelaskan, akan ada beragam perlombaan yang akan diikuti oleh siswa setingkat SD dan SMP.

Kepala Bidang Pariwisata Pasaman Ahdi Susanto menjelaskan, akan ada beragam perlombaan yang akan diikuti oleh siswa setingkat SD dan SMP.

"Perayaan ini kita melaksanakan wisata edukasi dengan kegiatan belajar dan bermain di alam dalam bentuk lomba melukis, mewarnai, dan congklak untuk tingkat SD. Lomba cerdas cermat, bercerita dan mengrang tingkat SMP," ujar Ahdi.

Dia juga menjelaskan, daya tarik wisata dalam rangka titik kulminasi ini yakni peragaan fenomena alam titik kulminasi tersebut dilaksanakan dalam bentuk paparan ilmiah oleh BMKG Padang Panjang diikuti dengan pembuktikan titik kulminasi itu sendiri.

Selanjutnya, di puncak acara titik kulminasi pada 23 September 2022, akan dipaparkan langsung secara Ilmiah oleh BKMG Padang Panjang, katanya.

Mengakhiri wawancara, Ahdi menambahkan untuk meriahnya perayaan ini akan ditampilkan berbagai kesenian daerah, sehingga menjadi momen pemulihan ekonomi bagi Pasaman, terutama dalam sektor pariwisata.

“Agar perayaan lebih dirasakan masyarakat, maka diadakan berbagai kegiatan seperti bazar dari UMKM. Ini juga tahun pertama yang festival bisa hidup lagi pasca pandemi, sekaligus pemulihan ekonomi bagi Pasaman sendiri,” tutupnya. (Noel)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan