20 Agustus 2022

Optimalkan Pendayagunaan Sumber Daya Air, Kepala BWSS V Padang Tinjau Progres Pembangunan Embung di Unand



PADANG, (GemaMedianet.com| Jika tak ada aral melintang, tahun ini kolam retensi atau  embung yang kini dibangun di lingkungan kampus Universitas Andalas akan segera memberi manfaat.

Selain memberi manfaat sebagai sumber cadangan air tanah, Embung yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V Padang ini juga mampu meredam banjir di lingkungan kampus yang berada di kawasan Limau Manis, Kecamatan Pauh Kota Padang ini.

Sedangkan untuk pekerjaan pembangunan Embung tersebut dipercayakan kepada CV. Saguna Karya Pratama berdasarkan kontrak nomor 02.03/01/SNVT-PJPAWS.IAKR/ATAAB II/ III/ 2022, dengan nilai kontrak Rp.6.488.000.000,00, tahun anggaran 2022.

Guna memastikan perjalanan kegiatan pembangunan embung tersebut berjalan lancar, DR. Dian Kamila, ST, MT selaku Kepala BWS Sumatera V Padang melakukan kunjungan ke lokasi pekerjaan proyek, Rabu (13/7/2022) lalu.

Dalam kunjungan tersebut, Kepala BWS Sumatera V Padang, Dr. Dian Kamila, ST, MT didampingi oleh Kasarker SNVT-PJPA WS.IAKR Rainul Penaungan, dan PPK ATAB II Dian Citra Ariwibowo.

"Kita selaku Kepala BWSS V Padang tidak ingin kecewa dan mengecewakan masyarakat dengan hasil pekerjaan yang notabenenya menyangkut hajat hidup orang banyak," kata Dian Kamila.

Terlebih lagi keberadaan embung ini berkaitan dengan sumber daya air. Oleh karena itu, pihaknya akan terus mengawal dan memantau pekerjaan pembangunan embung ini.

Dijelaskannya, sumber daya air tentu perlunya dikelola dengan berbagai strategi yang kesemuanya mengerucut pada tiga tujuan utama. Mulai dari konservasi sumber daya air sebagai bagian strategi untuk menjaga kondisi air agar tetap seimbang, baik untuk masa sekarang maupun masa akan datang.

Disamping untuk pendayagunaan sumber daya air, tentu bagaimana caranya agar meningkatkan kondisi air itu supaya berdaya guna.


Kemudian dalam usaha pengendalian daya resap air untuk mencegah dan menanggulangi terjadinya kerusakan bahkan memperbaiki kembali.

"Ketiga strategi inilah yang perlu kita bangun bersama," kata Dian Kamila lagi.

Dia juga menekankan, dengan pembangunan embung tersebut sangat banyak manfaatnya, dan ini sebenarnya merupakan strategi untuk menampung air dan mendistribusikan air ketika musim kemarau.

"Tidak hanya pada musim kemarau tetapi juga berfungsi ketika musim hujan, karena itu embung ini bisa mencegah banjir," tutur Dian Kamila.

Sementara itu, Kasarker SNVT-PJPA WS.IAKR Rainul Penaungan, menyebutkan kunjungan lapangan oleh Kepala BWS Sumatera V Padang ini dimaksudkan untuk meninjau sejauhmana progres pekerjaan yang telah berlangsung.

Sekaligus membahas permasalahan yang ditemui di lapangan, untuk selanjutnya kemudian dicarikan jalan keluarnya, tukasnya. (m)

0 comments:

Posting Komentar

Advertisement

loading...


eqmap

SUMATERA UTARA

JMSI

JMSI

Anggota DPD RI DR Alirman Sori

Anggota DPD RI DR Alirman Sori

POLDA SUMBAR

KOMUNITAS

KULINER

MENTAWAI

MANCANEGARA


Remaja dan Prestasi

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views



Terkini


Rantau


HISTORIA


FACEBOOK - TWEETER


Artikel


BUMN


Khazanah



Adv

KARIR