09 Agustus 2022

Lengkapi Rakernas APEKSI XV, ICE ke-18 Sajikan Produk Unggulan Tiap Kota se-Indonesia



PADANG, (GemaMedianet.com|  Gelaran Indonesia City Expo (ICE) ke-18 yang  menghadirkan beragam produk unggulan berbagai kota di Nusantara semakin melengkapi perhelatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XV selama 7-10 Agustus 2022 di Kota Padang.

Kegiatan yang dipusatkan di RTH Imam Bonjol itu dibuka secara resmi oleh Ketua Dewan Pengurus APEKSI Pusat Bima Arya, Senin (8/8/2022) siang.

Ribuan pengunjung terdiri dari Wali Kota se-Indonesia bersama rombongan pun terlihat membanjiri stand masing-masing daerah.

Tiap daerah membawa produk unggulan dan hasil UMKM masing-masing daerah. Ada yang berupa makanan, perhiasan, pakaian, dan berbagai produk menarik lainnya.

"Uni-unik semuanya. Saya berasa keliling Indonesia. Semua ada di sini, asli dari berbagai wilayah di Indonesia. Tak perlu jauh-jauh ke beragam pulau, cukup datang ke acara ICE ini saja," tutur Ketua Dewan Pengurus APEKSI Pusat Bima Arya di kesempatan itu.

Seperti diketahui, dalam acara ICE ke-18 rangkaian kegiatan Rakernas APEKSI XV menyajikan sebanyak 100 stand dari sebanyak 66 kota di Indonesia.

"Alhamdulillah selama empat sampai lima hari perhelatan Rakernas APEKSI ini perputaran uang di Padang ditaksir minimal mencapai Rp40 Miliar, bahkan bisa lebih dari itu. Karena ada 5.000 lebih orang yang hadir dari 98 kota. Untuk akomodasi penginapan/hotel saja diperkirakan perputaran uangnya mencapai Rp30 Miliar. Dan bagi yang belanja produk UMKM diperkirakan sebesar Rp10 Miliar," sebutnya.

Wali Kota Bogor itu meyakini dampak ekonomi pada penyelenggaraan Rakernas APEKSI tidak hanya bagi tuan rumah, tapi juga bagi seluruh kota se-Indonesia.

"Hal ini dikarenakan masing-masing kota juga memamerkan produk unggulannya di dalam acara ICE. Semoga memberikan keberkahan bagi kita semua dan melalui bingkai APEKSI mari kita majukan semua kota-kota di seluruh Indonesia," pungkas Bima Arya mengapresiasi.

Pada saat yang sama, Wali Kota Padang Hendri Septa menyampaikan ribuan terima kasih kepada Ketua Dewan Pengurus APEKSI Pusat Bima Arya dan jajaran pengurus APEKSI Pusat yang telah menunjuk Kota Padang sebagai tuan rumah penyelenggara Rakernas APEKSI XV.

"Atas nama pribadi dan pemerintah kota serta masyarakat Kota Padang, kita mengucapkan terima kasih yang tak terhingga dan sangat senang sekali atas kehadiran para tamu yang luar biasa di Kota Padang. Semoga memberikan keberkahan bagi kita semua," imbuhnya.

Lebih lanjut orang nomor satu di Kota Padang itu pun juga mengaku bersyukur Kota Padang dapat menggelar ICE ke-18 bahagian kegiatan Rakernas APEKSI XV.

"Melalui kegiatan ICE ini kita menyediakan wadah bagi setiap kota menampilkan produk unggulannya. Alhamdulillah semuanya bagus-bagus dan menarik. UMKM masyarakat juga kita tampilkan dalam kegiatan ini," ujar Wali Kota milenial tersebut didampingi Sekda Andree Algamar bersemangat.

Hendri Septa berharap, "Semoga dengan itu akan kembali meningkatkan ekonomi kerakyatan kita serta kota-kota lainnya yang sempat 'down' akibat pandemi COVID-19 yang lebih dua tahun mewabah. Jadi itu harapan kita, maka itu kepada warga Kota Padang dan luar Kota Padang dimana saja berada mari kita kunjungi dan berbelanja di ICE ini. Jangan kita lewatkan momentum bersejarah ini". (pkp)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan