30 Juli 2022

MTQN Tingkat Kota Padang Ke-40 Berakhir, Wako Hendri Septa Tutup Swcar Resmi



PADANG, (GemaMedianet.com|- Sebagai iven keagamaan yang penting bagi masyarakat di Kota Padang, Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) Tingkat Kota Padang ke-40 tahun 2022 yang berlangsung selama 27-29 Juli akhirnya resmi berakhir dan ditutup oleh Wali Kota Padang Hendri Septa.

Iven keagamaan yang sempat vakum selama dua tahun akibat pandemi COVID-19 itu pun berjalan dengan lancar dan semarak yang diikuti peserta sebanyak 528 orang kafilah.

"Alhamdulillah wa syukurillah, atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Padang saya memberikan apresiasi atas terlaksananya dengan lancar MTQN tingkat Kota Padang ke-40 ini. Semoga memberikan pengaruh positif dan manfaat yang nyata bagi pembinaan kehidupan keagamaan masyarakat. Hal ini sesuai tema yang diangkat yakni "Melalui MTQN tingkat Kota Padang ke-40, Kita Wujudkan Generasi Milenial Kota Padang yang Qurani, Unggul dan Berdaya Saing"," ucap Wali Kota  Hendri Septa sewaktu menutup secara resmi MTQN tingkat Kota Padang ke-40 di Masjid Agung Nurul Iman, Jumat (29/7/2022) malam.

Sebelum penutupan juga dilangsungkan Pawai MTQ yamg diikuti para pelajar SD dan SMP serta Majelis Taklim se-Kota Padang.

Dikatakan Hendri Septa, penyelenggaraan MTQ tersebut sangat berarti penting sebagai salah satu upaya bersama menjaga kemurnian isi Alquran dari masa ke masa khususnya bagi warga Kota Padang.

Tak hanya itu, menurut pemimpin agamis itu, melalui MTQ diharapkan memberikan motivasi bagi warga Kota Padang terutama generasi muda untuk senantiasa membaca, menghafal, mempelajari dan memahami kandungan Alquran.

"Jadi inilah yang menjadi latar belakang diselenggarakannya MTQ tersebut secara rutin. Semua ini merupakan upaya nyata kita (Pemko Padang) mewujudkan Kota Padang yang qurani. Semoga melalui MTQ ini akan menimbulkan motivasi dan menggugah keinginan, terutama di kalangan generasi muda agar lebih mencintai dan mendalami makna yang terkandung di dalam Alquran. Sehingga dalam kesehariannya mereka akan selalu menjadikan Alquran sebagai sumber rujukan utama dan pedoman hidup," harap Wali Kota menambahkan.

Terakhir Wako Hendri juga berharap lewat MTQN tingkat Kota Padang ke-40 tersebut, melahirkan qari/qariah terbaik yang akan dipersiapkan menjadi kafilah Kota Padang menapaki MTQN tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) ke-40 di Kabupaten Solok Selatan pada 2023 mendatang.

"Kepada para qari/qariah terbaik yang akan menjadi kafilah Kota Padang mari kita pertahankan prediket juara umum pada MTQN tingkat provinsi tahun depan. Semoga kalian dapat mengharumkan nama Kota Padang dan nantinya juga terpilih sebagai kafilah mewakili Sumbar mengikuti MTQ tingkat nasional nantinya," tukas Wako Hendri Septa penuh semangat. 

Pada saat yang sama Kepala Bagian Kesra Setda Kota Padang Fuji Astomi selaku penanggungjawab kegiatan menyebutkan, cabang lomba yang dipertandingkan pada MTQN tingkat Kota Padang ke-40 tersebut diantaranya mulai dari Cabang Tilawah yang terdiri dari kategori Tilawah TK, Anak-anak, Tilawah Remaja dan Tilawah Dewasa.

Cabang selanjutnya yaitu Cabang Tahfizh terdiri dari kategori 1 Juz Tilawah, 5 Juz Tilawah, I Juz Non Tilawah dan 5 Juz Non Tilawah. Selain itu juga ada Cabang Tartil Dasar, Umum dan Menengah serta Musabaqah Syarhil Quran (MSQ), Musabaqah Fahmil Quran (MFQ) dan Khutbah Jumat dan Adzan.

"Peserta MTQN tingkat Kota Padang ke-40 ini berjumlah sebanyak 528 orang kafilah terdiri dari unsur Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Padang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang, Sekolah/Madrasah di bawah naungan Kemenag Kota Padang (MI/MTs dan MA). Selanjutnya dari BKS TPQ/TQA Kota Padang, FKDT MDT/MDA Kota Padang, Pondok Pesantren dan Rumah Quran/Tahfizh," terang Fuji Astomi.

"Untuk juara umum pada MTQN tingkat Kota Padang ke-40 tersebut yaiti diraih Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) Kota Padang. Mereka kita berikan hadiah piala juara umum beserta uang pembinaan. Sementara bagi yang meraih juara di masing-masing cabang lomba kit berikan trophy dan uang pembinaan," bebernya.

Dalam penutupan MTQN tingkat Kota Padang ke-40 tersebut, hadir unsur Forkopimda Kota Padang, Sekda Kota Padang Andree Algamar yang juga Ketua LPTQ Kota Padang, Kakan Kemenag Kota Padang Edy Oktafiandi, Ketua Pengadilan Agama Kelas IIA Padang Muhammad Nuh, serta Ketua MUI Kota Padang Japeri Jarab dan Ketua DMI Kota Padang Maigus Nasir.

Selain itu juga terlihat seluruh pimpinan OPD di lingkup Pemko Padang, Ketua FKUB Kota Padang Prof. Dr. Salmadanis serta Ketua Harian LPTQ Kota Padang H. Wardas Tanjung dan perwakilan Ormas Keagamaan di Kota Padang.

Tak tanggung-tanggung pada acara itu juga dihadiri langsung oleh Kasubdit Seni Budaya dan Siaran Keagamaan Ditjen Bimas Islam Kemenag RI KH. Said Alwi Pahmi, Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Sumbar Irsyad. ()

0 comments:

Posting Komentar

Advertisement

loading...


eqmap

SUMATERA UTARA

JMSI

JMSI

Mario Syahjohan

Mario Syahjohan

POLDA SUMBAR

KOMUNITAS

KULINER

MENTAWAI

MANCANEGARA


Remaja dan Prestasi

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views


Terkini



Rantau

HISTORIA



FACEBOOK - TWEETER


Artikel


BUMN


Khazanah






Adv