20 Juni 2022

Bronjong Penahan Tebing Sungai Batang Tapan Runtuh, Warga Tanjung Gobah Resah



TAPAN, (GemaMedianet.com | Pasca runtuhnya bronjong pada tebing Sungai Batang Tapan, jarak aliran sungai  diduga kian mendekati permukiman masyarakat di wilayah Kampung Tanjung Gobah Nagari Kampung Tengah Tapan, Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat (Sumbar). Runtuhnya bronjong tebing sungai itu disinyalir dipicu oleh pengikisan dan kerasnya terjangan air yang datang. 

Kondisi itu tak pelak membuat resah warga, terutama yang bermukim di tepi sungai dalam wilayah Kampung Tanjung Gobah, Nagari Kampung Tengah Tapan, Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat (Sumbar).

Salah seorang warga, Yes (43) mengaku sudah sangat resah dan khawatir dengan keadaan tebing sungai yang setiap harinya runtuh sedikit demi sedikit, sehingga memicu jarak sungai kian mendekati ke tempat permukiman.

“Dari hari ke hari, tebing Sungai Batang Tapan ini terus runtuh dan sudah sangat dekat dengan pemukiman rumah kami. Kami berharap persoalan ini dapat diatasi, apapun bentuk pembangunan akan kami terima yang terpenting permukiman dapat teratasi," pinta Yes

Senada, Wali Nagari Kampung Tengah Tapan, Safii berharap kepada instansi terkait, baik itu Pemerintah Daerah (Pemda) Pesisir Selatan Barat maupun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar untuk memberikan perhatian yang mendalam tentang hal tersebut.

Ia juga berharap, agar masalah ini bisa ditindaklanjuti secepat mungkin, sehingga tidak lagi mengancam permukiman masyarakat setempat.

“Kita berharap masalah ini cepat ditangani dan ditindaklanjuti oleh Pemda, karena bisa membahayakan masyarakat,” ujarnya.

Terkait kondisi itu, media ini masih berusaha untuk melakukan konfirmasi lanjutan. (pr/js)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan