18 Mei 2022

Peringati Hardiknas 2022, Hendri Septa : Merdeka Belajar Kurangi Dampak Hilangnya Pembelajaran




PADANG, (GemaMedianet.com) Memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2022 tingkat Kota Padang, Pemerintah Kota (Pemko) menggelar upacara di Lapangan Upacara Komplek Perkantoran Balai Kota Padang, Aie Pacah, Selasa (17/5/2022) pagi.

Upacara yang dipimpin Wali Kota Padang Hendri Septa itu, bertemakan "Pimpin Pemulihan, Bergerak Untuk Merdeka Belajar".

Dalam arahannya orang nomor satu di Kota Padang membacakan amanat Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim terkait peringatan Hardiknas 2022.

Disebutkan, selama dua tahun terakhir banyak sekali tantangan terutama pandemi COVID-19 yang harus dihadapi bersama, dan tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Bahkan, mungkin tidak pernah dibayangkan semua itu bagaimana mengatasinya.

"Hari ini adalah bukti bahwa kita jauh lebih tangguh dari semua tantangan, lebih berani dari rasa ragu dan tidak takut untuk mencoba. Kita tidak hanya mampu melewati, tetapi berdiri di garis depan untuk memimpin pemulihan dan kebangkitan khususnya di bidang pendidikan. Maka itu poin yang kita tangkap dari momen peringatan Hardiknas ini, adalah bagaimana kita untuk terus melaksanakan kegiatan pendidikan dalam kondisi apapun sekaligus berjuang mencapai Merdeka Belajar bagi peserta didik," sebut Hendri Septa membacakan amanat Mendikbudristek.

Lebih lanjut dia menyinggung terkait Kurikulum Merdeka Belajar, yang berawal dari upaya untuk membantu para guru dan murid di masa pandemi. Kurikulum tersebut terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran, dan kini sudah diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia.

"Itu berarti bahwa ratusan ribu anak Indonesia sudah belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan. Alhamdulillah, semua perubahan positif yang kita usung bersama ini tidak hanya dirasakan oleh para orangtua, guru, dan murid di Indonesia, tetapi sudah digaungkan sampai ke negara-negara lain melalui presidensi Indonesia di konferensi tingkat tinggi G20," ujarnya. 

Dia melanjutkan, tahun ini kita membuktikan diri bahwa kita tidak lagi hanya menjadi pengikut, tetapi pemimpin dari gerakan pemulihan dunia. 

Untuk itu, atas nama Pemko Padang Dia mengucapkan apresiasi kepada para guru yang berjuang tanpa pamrih, dalam kondisi apapun demi pendidikan anak-anak kita. 

"Semoga hal baik ini terus berlanjut dan dipertahankan, demi kemajuan pendidikan generasi muda kita selaku calon pemimpin di masa mendatang," pungkas  Hendri Septa mengakhiri.

Adapun dalam Upacara Peringatan Hardiknas tingkat Kota Padang tahun 2022 tersebut hadir Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani serta unsur Forkopimda, sejumlah kepala OPD, Camat dan Lurah se-Kota Padang. 

Kegiatan itu juga bersamaan dengan Pencanangan Manunggal Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-19 tingkat Kota Padang Tahun 2022.(dv/pkp)

0 comments:

Posting Komentar

Advertisement

loading...


eqmap

SUMATERA UTARA

JMSI

JMSI

Mario Syahjohan

Mario Syahjohan

POLDA SUMBAR

KOMUNITAS

KULINER

MENTAWAI

MANCANEGARA


Remaja dan Prestasi

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views


Terkini



Rantau

HISTORIA



FACEBOOK - TWEETER


Artikel


BUMN


Khazanah






Adv