30 April 2022

Irwan Basir Silaturahmi dan Buka Puasa Bersama Tokoh Masyarakat, Ini Pesan-pesannya




PADANG (GemaMedianet.comSebagai tokoh yang bersentuhan langsung dengan masyarakat paling bawah, ketua RW dan RT merupakan panutan untuk tempat mengadu jika terjadi satu permasalahan. 

Dengan peran sebagai perangkat kampung, ketua RT dan RW menjadi orang yang didahulukan selangkah dan ditinggikan sarantiang untuk dapat menyelesaikan dan mencarikan solusi jika terdapat suatu permasalahan yang terjadi di suatu kampung.

Demikian disampaikan oleh  Irwan Basir pada acara silaturahmi dan buka puasa bersama dengan tokoh masyarakat di Kolam Pancing Padang Fishing Club (PFC) Belimbing Kuranji Padang, Jumat (29/4/2022).

Hadir dalam acara tersebut, Kalaksa BPBD Sumatera Barat Jumadi, Camat Kuranji Eka Putra Buhari,  Ketua DPC LPM Kecamatan se-Kota Padang, Ketua KAN dan Ninik Mamak KAN Pauh IX, Ketua LPM Kelurahan se-Kecamatan Kuranji, Ketua RT dan RW se- Kelurahan Kuranji dan tokoh masyarakat lainnya.

Selanjutnya Ketua DPD LPM Kota Padang ini mengatakan, seiring dengan perkembangan zaman yang dibarengi dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih terutama di bidang IT, tentu akan membawa perobahan pada cara hidup masyarakat serta perilaku mereka akibat arus kemajuan tersebut.

Oleh karena itu, sebutnya, ninik mamak, ulama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda dapat berperan mengawasi perobahan perilaku dan cara hidup itu agar tidak membawa pengaruh buruk pada lingkungan tempat tinggal.

Irwan Basir mengungkapkan, berkaca kepada beberapa kejadian, satu masalah kecil yang timbul bisa menjadi besar bahkan bermuara ke ranah hukum. Padahal, ini masih bisa diselesaikan di tingkat ninik mamak, pemuka masyarakat atau bisa dikoordinasikan dengan ketua LPM di kelurahan.

"Intinya jika ada permasalahan mari diselesaikan secara bersama-sama dengan melibatkan unsur tokoh masyarakat," ungkap Irwan Basir.

Disamping itu, Ketua MPA KAN Pauh IX ini juga kembali mengingatkan pentingnya untuk selalu menjaga hubungan silaturahim agar hubungan kekerabatan antar sesama tetap terjalin erat.

"Masyarakat kita sekarang ini bukan homogen lagi. Tapi sudah heterogen dan bercampur dengan saudara kita yang datang dari daerah lain. Mereka sudah berbaur dengan kita dan menjadi saudara kita. Membeli tanah dan membeli rumah di sini dan sudah menjadi warga baru di tempat kita," ujarnya.

Kendati demikian, ada juga warga pendatang yang tidak jelas asal-usulnya. Tentu, ini patut diawasi.

"Ketua RT dan RW, Ketua LPM, Lurah juga harus tetap memantau dan mengawasi terhadap warga pendatang yang tidak jelas asal-usulnya itu agar ketentraman hidup warga tidak terganggu," tekan Penghulu Suku Jambak nan Batujuh ini.

Mengakhiri sambutannya, Irwan Basir kembali menguatkan agar RT RW dalam bekerja tetap berkoordinasi dengan perangkat di atasnya seperti, LPM, Lurah dan Camat. Pasalnya, Camat dan Lurah tidak mungkin mengetahui semua tentang lingkungan seluruh RT atau RW.

"Nan tau di poso-poso tantu ayam, nan tau dikili-kili tantu jawi dan yang tahu bagaimana kondisi lingkungannya adalah Ketua RT atau RW di lingkungan tersebut," jelas Irwan Basir lagi.

Di akhir acara, ketua DPD LPM Kota Padang ini juga merajut tali asih dalam menjaga hubungan silaturahmi dengan turut berbagi di bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 1443 H bersama 200 undangan yang hadir berupa sembako atau beras 10 kg.

Ini adalah salah satu bukti kedermawanan tokoh kharismatik yang senantiasa selalu berbagi dengan sesama terhadap rezki yang diberikan Allah SWT. (MS/DP)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan