13 Maret 2022

Tengah Malam Personel Polsek Talamau Evakuasi Pasien Gawat Darurat di Jalan Longsor Polong Onam Talu





PASBAR, (GemaMedianet.com) | Kapolsek Talamau beserta anggota dan tenaga medis (Nakes) Puskesmas Talu berjibaku membawa tandu pasien Ibu Hamil (Bumil) di jalan longsor Polong Onam Talu, Pasaman Barat, Sabtu (12/3/2022) malam. 

Kapolsek Talamau AKP Junaidi, SH menyampaikan, dirinya bersama anggota Polsek yang berjaga di sekitar reruntuhan longsor malam ini pukul 23.10 WIB melaksanakan evakuasi mengantar serta mengawal Bumil yang dalam keadaan gawat darurat dibawa ambulan dari Puskesmas Talu menuju RSUD Jambak.

Kapolsek menyebut, Ibu hamil berinisial Fitri Muliana (36 th), pekerjaan rumah tangga, alamat Kampung Kandis Jorong Tabek Sirah Nagari Talu, dalam keadaan darurat dan akan operasi melahirkan.

Pasien, katanya lagi, wajib dirujuk ke RSUD Jambak untuk melaksanakan operasi melahirkan. Dibawa dari Puskesmas Talu menuju RSUD Jambak, dengan melewati lokasi longsor di Polongan Onam Nagari Talu menuju RSUD Jambak.

"Kita bawa pakai tandu untuk dipindahkan ke mobil ambulans yang sudah standby di seberang. Semoga ibu dan anaknya lahir  selamat," harapnya.

Sebelumnya, Sabtu siang AKP Junaidi dan anggota Polsek Talamau juga mengevakuasi seorang bayi bernama Muhammad Alfarezki, berusia 7 bulan yang mengalami demam tinggi atau kejang, dan harus dirujuk ke rumah sakit di Simpang Empat Kabupaten Pasaman Barat.

Bayi berusia tujuh bulan yang diketahui anak dari seseorang warga Kampung Melayu, Jorong Sungai Jernih, Nagari Talu, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat saat akan dibawa untuk berobat, terpaksa harus digendong saat melewati lokasi longsor yang berlokasi di kawasan Polong Onam Talu.

Bayi laki-laki tersebut digendong oleh personel Polsek Talamau dan tabung infusnya dipegang oleh Kapolsek Talamau, AKP Junaidi yang memang selalu bersiaga di jalan utama Simpang Empat-Talu tersebut sejak Sabtu pagi (12/3) sekitar pukul 06:15 WIB.

Dikatakan Junaidi, saat itu mereka sedang berada di lokasi longsor untuk meninjau perkembangan dan berjaga-jaga sebagai persiapan pembersihan lahan bila situasi kembali normal. Namun ketika melihat ada keluarga ingin melintas area tersebut dengan susah payah membawa seorang bayi. Apalagi bayi tersebut dalam keadaan sakit dengan kondisi masih diinfus, spontan Kapolsek bersama anggotanya membantu menyeberangkan mereka dari sisa-sisa reruntuhan longsor.

Informasi dihimpun bayi tersebut dalam keadaan kejang dan demam, dan dokter sudah memberi obat penghenti kejang lewat anus dan suntikan. Namun kejang tidak berhenti, disertai batuk. Oleh karena itu pasien dirujuk ke rumah sakit, dengan diagnosa rujukan kejang demam komplek ditambah susp pneumonia dirujuk ke RSUD Jambak.

“Setelah kita seberangkan melewati longsor, bayi langsung dibawa ke RSUD Jambak” terangnya.

Hingga berita ini dilangsir Minggu dinihari jalan kawasan Polong Onam atau Lubang Jepang  tersebut belum bisa dilalui kendaraan. Beberapa kali longsoran susulan masih menutupi badan jalan. Selain tanpa penerangan, jalan tersebut sangat rawan dilalui kendaraan maupun penyeberangan jalan.

(Dodi Ifanda)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan