26 Februari 2022

Korban Meninggal Pasca Gempa Pasaman di Tigo Nagari Bertambah Satu Orang



PASAMAN, (GemaMedianet.com) | Korban meninggal dunia pasca gempa yang melanda Pasaman Jumat (25/2) pagi kemarin, bertambah satu orang.

Setelah sempat dirawat satu malam, Sabtu (26/2) pagi tadi, Tek Baya (76 th) warga Kampung Malayu, Jorong Siparayo, Nagari Malampah, Kecamatan Tigo Nagari, yang tertimpa reruntuhan rumahnya, akhirnya menghembuskan napas terakhir ba'da subuh tadi.

Kelima korban masing-masingnya Amaik (18 th) dan Upik (48 th) warga Simpang Tiga Alai Jorong Siparayo, serta anak Inun (3 th) dan Susi (21 th) Istri Jorong Siparayo, terakhir Baya (76 th).

"Hingga pagi ini sudah lima orang warga Malampah yang meninggal dunia, akibat tertimpa reruntuhan bangunan rumahnya," ujar Camat Tigo Nagari, M. Nasril, di Posko Bencana Malampah.

BACA JUGA :  Gempa Terjang Pasaman, 32 Orang Jadi Korban Tertimpa Reruntuhan Material Bangunan

Selain korban meninggal dunia, gempa yang disertai banjir dan galodo kemarin juga mengakibatkan 6 orang warga hilang.

Keterangan dari warga setempat, Buyung Kator (47 th), saat gempa yang disertai galodo kemarin, tercatat 6 orang warga Malampah dinyatakan hilang.

"Satu orang telah ditemukan sore kemarin, sementara lima lainnya masih dalam pencarian," tuturnya, sambil mengerjakan tenda di lokasi pengungsian.

Data di Posko Bencana Gempa Pasaman Nagari Malampah, Sabtu pagi, tercatat 5 orang meninggal dunia, 35 luka berat dan telah dirujuk ke Rumah Sakit, serta ratusan orang mengalami luka ringan, ditambah 6 orang hilang, dan satu diantaranya telah ditemukan.

Sedangkan bangunan rumah warga yang hancur dan rusak di Kecamatan Tigo Nagari saja, mencapai angka 500 unit.

"Terparah di Kampung Rawang dan Bukit Lintang, dari 90 unit rumah (90 KK) di kampung itu, yang masih layak huni hanya tinggal lima unit saja. Kondisi serupa juga dialami warga Kampung Landu Jorong Parik Lubang dan Koto Sapan Jorong Kajai, 60 persen rumah warganya hancur.

Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman, Drs. Mara Ondak, MSi ketika dimintai keterangan di Posko Bencana Malampah, Sabtu (26/2) dinihari tadi, menyebut bahwa kondisi Malampah masih memprihatinkan.

"Hujan lebat masih mengguyur hingga malam ini, aliran sungai di Pasar Malampah sempat meluap, dan beberapa kali gempa susulan masih terjadi," jelas Sekda.

Turut disampaikan Sekda, kebutuhan paling mendesak bagi warga Malampah saat ini adalah tenda untuk pengungsi, WC portable serta air bersih.

Seperti yang dilaporkan sebelumnya, sebanyak 32 orang (data sementara) menjadi korban akibat tertimpa reruntuhan material bangunan usai diterpa gempa bumi di daerah Kecamatan Tigo Nagari, kemarin. Empat orang diantaranya meninggal dunia, dengan rincian 1 anak-anak, 1 orang remaja dan dua orang lagi usia tua.

Sedangkan tiga orang diantaranya juga dirujuk ke RSUD Pasaman Barat. Korban rata-rata mengalami luka-luka ringan hingga berat akibat ditimpa material gempa. (Noel)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan