12 Januari 2022

Irwan Basir Ajak Warga Saciok Bak Ayam Sadanciang Bak Basi Dalam Usulan dan Realisasi Rakorbang




PADANG, (GemaMedianet.com| Ketua DPD Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Padang Irwan Basir Datuk Rajo Alam mengajak masyarakat untuk tidak melupakan falsafah Saciok bak ayam, sadanciang bak basi dalam gerak pembangunan yang notabenenya untuk kesejahteraan masyarakat.

Hal itu disampaikannya saat didapuk memberikan sambutannya pada rapat koordinasi pembangunan (Rakorbang) Tahun 2023 Kelurahan Pasar Ambacang Kecamatan Kuranji, di Rumah Gadang Datuk Rajo Ibrahim, Tapian Suku Koto, Senin (11/1/2022) sore.

Seperti halnya dalam pelaksanaan Rakorbang, yang merupakan wahana bagi masyarakat dari mulai tingkat RT hingga RW untuk menyampaikan usulan kebutuhannya dan menjadi skala prioritas kepada Pemerintah Kota (Pemko) Padang.

"Jadi, melalui Rakorbang pemerintah mengakomodir setiap usulan dari masyarakatnya yang sebelumnya ditampung di RT/RW masing-masing melalui rembuk warga, dan berlanjut di Rakorbang tingkat kelurahan," tutur Irwan Basir.

Meski dimungkinkan untuk menyampaikan setiap usulan, namun Irwan Basir mewanti-wanti agar usulan itu betul-betul berasal dari bawah, sesuai kebutuhan di RT/RW masing-masing, dan tepat sasaran.

"Jangan sampai usulan salah sasaran. Masyarakat sebenarnya butuh peningkatan kemampuan dan keahlian melalui pelatihan-pelatihan, namun ternyata diusulkan pembangunan fisik. Begitu juga sebaliknya," ujarnya.

Kendati demikian, Irwan Basir juga mengingatkan usulan yang disampaikan tidak hanya terfokus pada pembangunan fisik semata tetapi juga pembangunan non fisik atau pemberdayaan.

"Daerah kita sangat luar biasa kearifan lokal, tentu penguatan kearifan lokal itu penting dilakukan seperti Randai, kongsi kematian, kegiatan sosial lainnya. Ditambah lagi di tengah pandemi sekarang ini, maka kegiatan-pelatihan-pelatihan penting pula untuk peningkatan ekonomi masyarakat," ujarnya.

Untuk itu Irwan Basir mengajak untuk bersama-sama mengawal apa yang menjadi usulan masyarakat hingga ke tingkat kota.

Menurutnya, Rakorbang ini jadi momentum saciok bak ayam sadanciang bak basi.

"Setiap warga bersama RT/RW harus satu suara. Pun begitu ketika usulan itu terealisasi nantinya, maka masyarakat juga harus satu suara mengamankan pelaksanaannya di lapangan. Kita tidak ingin peristiwa lambannya pengerjaan Jembatan Pasar Lalang terulang lagi di tahun tahun berikutnya," tukas Irwan Basir yang juga Ketua Majelis Pertimbangan Adat (MPA) Kerapatan Adat Nagari (KAN) Pauh IX Kuranji ini.

Senada, Lurah Pasar Ambacang Syamsul Arifin juga mengajak untuk mengawal apa yang menjadi usulan pada Rakorbang Kelurahan hingga Rakorbang di tingkat kecamatan.

Menurutnya, ini momentum untuk  meningkatkan silaturahmi, ukhuwah islamiah, dan sinergitas RT/RW Kelurahan Pasar Ambacang.

Sebelumnya, Camat Kuranji diwakili Sekretaris Kecamatan Rio Ebu Pratama menambahkan, usulan pada rakorbang Kelurahan Pasar Ambacang tidak terlepas dari visi dan misi Wali Kota Padang Hendri Septa, yaitu mewujudkan masyarakat Kota Padang yang madani berbasis pendidikan, perdagangan dan pariwisata unggul serta berdaya saing. (mz)

#Editor : Uki Ratlon

0 comments:

Posting Komentar

Advertisement

loading...


eqmap

SUMATERA UTARA

JMSI

JMSI

Anggota DPD RI DR Alirman Sori

Anggota DPD RI DR Alirman Sori

POLDA SUMBAR

KOMUNITAS

KULINER

MENTAWAI

MANCANEGARA


Remaja dan Prestasi

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views



Terkini


Rantau

Helmi Moesim dan Keluarga

Helmi Moesim dan Keluarga

HISTORIA


FACEBOOK - TWEETER


Artikel


BUMN


Khazanah



Adv

KARIR