12 Januari 2022

Jembatan Linjuang Ambruk, Dua Kejorongan Terisolir



PASAMAN, (GemaMedianet.comTingginya curah hujan pada Minggu, 9 Januari 2022 lalu, mengakibatkan Jembatan Linjuang menuju Jorong Kubu Baru dan Jorong Soma Kecamatan Mapattunggul, Kabupaten Pasaman ambruk.

Berakibat akses jalan menuju dua kejorongan itu tidak bisa dilalui kendaraan roda empat. Sekitar 1200 warga di daerah itu menjadi terisolasi.

Tidak itu saja, dampak tingginya curah hujan, juga menyebabkan runtuhnya bahu jalan. Kejadian terjadi di Jorong Pangian Nagari Muaro Sungai Lolo, Kecamatan Mapattunggul Selatan.

“Jembatan Linjuang menuju Jorong Kubu Baru dan Jorong Soma Kecamatan Mapattunggul Pasaman ambruk dihantam banjir,”  ujar Yulisman, anggota DPRD Pasaman dari Fraksi PAN, Senin (10/1/2021) malam.

Yulisman mengatakan, akibat ambruknya jembatan Linjuang kendaraan tidak bisa lewat lagi, dan kini dua kejorongan masing-masing Kubu Baru dan Soma menjadi terisolasi.

Ia berharap, pemerintah kabupaten (pemkab) Pasaman melalui instansi terkait segera turun ke lokasi dan membantu perbaikan jembatan yang rusak. Sehingga akses warga ke daerah itu kembali lancar seperti sebelumnya.

Camat Mapattunggul Selatan, Abu Bakar membenarkan runtuhnya bahu jalan di daerah Jorong Pangian Nagari Muaro Sungai Lolo Kecamatan Mapattunggul Selatan.

“Informasi yang kita terima dari warga, bahu jalan di daerah Jorong Pangian Nagari Muaro Sungai Lolo runtuh,” tuturnya.

Dia mengatakan, peristiwa itu terjadi diduga karena tingginya curah hujan di daerah itu. Dan peristiwa itu sudah kita laporkan pada pihak terkait,” katanya.

Kepala Dinas PUTR Pasaman melalui Kasi Pemeliharaan jalan dan Jembatan Bidang Bina Marga, Daud menyebut, kondisi jembatan itu sudah mulai miring.

“Aboutmennya tergerus dihantam banjir akibat luapan sungai di bawah jembatan tersebut,” kata Daud saat  melalui ponselnya, Selasa (11/1) sore.

Ditambah lagi besarnya debit air sungai di bawah jembatan itu, sehingga menghantam pondasi dan mengikis aboutmen di pangkal jembatan tersebut.

“Dampak dari rusaknya jembatan tersebut, kini warga di daerah itu hanya bisa melintasi daerah itu dengan kendaraan roda dua," ujarnya.

Untuk itu dia meminta warga harus bersabar, jelang perbaikan jembatan ini selesai nantinya. (Noel)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan