17 Januari 2022

Destinasi Wisata Pasaman Dikunjungi Wagub dan Anggota DPRD Sumbar




PASAMAN (GemaMedianet.com| Destinasi wisata di beberapa wilayah di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat (Sumbar) mulai menggeliat, termasuk wisata alam. 

Ini terlihat dari kehadiran Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy didampingi Wakil Bupati Pasaman Sabar AS, 3 orang Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Dapil Pasaman-Pasaman Barat diantaranya Khairuddin Simanjuntak, Donizar dan Syawal Dt. Putiah saat meninjau objek wisata alam yang ada di Nagari Lubuak Gadang Kecamatan Mapat Tunggul, Sabtu (15/1/2022).

Kegiatan itu juga diikuti Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Ketua DPD HPI dan Kepala OPD Kabupaten Pasaman. 

Kedatangan Wakil Gubernur Sumbar beserta rombongan tersebut disambut meriah oleh masyarakat dengan tari pasambahan dan kesenian daerah setempat.

Di kesempatan itu, Wali Nagari Lubuak Gadang Asrul Dt, Gampo Alam saat menyampaikan laporannya menjelaskan, tema kegiatan adalah Pesona Alam Lubuak Gadang dalam rangka destinasi wisata Nagari Lubuak Gadang minat Khusus atau disebut Geo Park.

Dalam hal ini keinginan masyarakat di Nagari Lubuak Gadang menjadikan wilayahnya salah satu daerah tujuan wisata di Pasaman. Diantara objek wisata alam yang menjadi unggulan daerah ini adalah wisata Monggok Indah, wisata Sarasah Simingkuah, wisata Goa Masjid Jin, wisata Batu Masjid Jin, wisata Ranjau Batu, dan wisata Batu Sembahyang.

Dengan banyaknya objek wisata di Nagari Lubuk Gadang, hal itu tentu perlu adanya perhatian khusus dari seluruh pihak. Dan dia pun berharap, adanya pembangunan menyeluruh di Nagari Lubuak Gadang. 

"Sekarang, dengan telah hadirnya Wakil Gubernur dan Anggota DPRD Provinsi di daerah ini harapannya akan dapat memberikan kontribusi khusus untuk pembangunan Lubuak Gadang," tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPD HPI  (Himpunan Pramuwisata Indonesia) Sumatera Barat, Mr. Body saat memberikan sambutannya mengatakan, ia yakin destinasi wisata Pasaman sudah mulai bangkit dan menggeliat, terutama destinasi wisata alam yang ada di Nagari Lubuak Gadang yang terus berbenah. Hal itu juga sangat didukung oleh perangkat pemerintah setempat, termasuk masyarakat sekitar.  

Disamping itu, setelah ditinjau dalam waktu cukup lama, tim sangat menikmati alam wisata terutama yang ada di Lubuak Gadang. 

"Tinggal lagi bagaimana kita mengolahnya untuk menjadi daerah wisata yang menarik," tambahnya.

Wakil Bupati Pasaman, Sabar AS dalam arahannya mengatakan, dukungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat sangat jelas, itu terlihat dengan hadirnya Wakil Gubernur Sumatera Barat di Pasaman guna peninjauan destinasi wisata Pasaman diantaranya Wisata Kuliner Bonjol, Wisata budaya yakni wisata museum peninggalan Tuangku Imam Bonjol termasuk Wisata alam yang ada di Lubuak Gadang Nagari Lubuak Gadang Kecamatan Mapat Tunggul.

Disamping itu, kondisi Batang Sumpur yang cukup menantang, indah dan bagus, turut menjadi salah satu ikon wisata yang akan dikembangkan oleh pemerintah daerah, dan juga akan menjadi daerah tujuan wisata ke depan. 

Untuk itu perlu dukungan seluruh pihak, termasuk dengan terbentuknya Pokdarwis akan sangat membantu terlaksananya destinasi wisata ini, tuturnya.

Sementara, Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy saat memberikan sambutannya menyebutkan, bahwa tahun 2023 adalah merupakan tahun kunjungan wisata Sumatera Barat. 

Menurutnya, kunci awal dari suksesnya destinasi wisata di suatu daerah adalah mau belajar lebih dahulu ke daerah yang lebih maju wisatanya. Kemudian, adanya dukungan kuat seluruh masyarakat. Dan terpenting lagi, adanya dukungan dari niniak mamak dan tokoh masyarakat. 

Apalagi, sebutnya, objek wisata di Sumatera Barat sangat banyak, tentu tergantung bagaimana masyarakat setempat dapat menjaga dan memeliharanya. 

Dikatakan, untuk kunjungannya di sejumlah destinasi wisata Pasaman tersebut, kendati pun rute yang ditempuh cukup sulit, namun Wagub mengaku dirinya sudah terbiasa dengan banyak tantangan, imbuhnya.

Salah seorang Anggota DPRD Propinsi Sumatera Barat dari Fraksi Gerindra, Khairuddin Simanjuntak saat memberikan komentar mengatakan, atas nama wakil rakyat Kabupaten Pasaman di DPRD Provinsi Sumatera sangat mendukung sepenuhnya pengembangan destinasi wisata di Pasaman  termasuk destinasi wisata alam yang ada di Lubuak Gadang. 

Hal yang sama juga dikatakan Anggota DPRD Sumbar lainnya, Syawal Dt Putiah dan Donizar.

Selanjutnya usai penyambutan tersebut, juga dlaksanakan peninjauan lokasi seluruh objek wisata di daerah tersebut dengan mempergunakan sedikitnya delapan unit kapal boat kayu. 

Rombongan menempuh rute selama lebih kurang 1 jam perjalanan pulang pergi dengan alur sungai yang keras dan ekstrim. (Noel)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan