16 Januari 2022

Rakorbang Kelurahan Kuranji, Irwan Basir : Rakorbang Selaraskan Prioritas dan Sasaran Pembangunan di Kota Padang




PADANG, (GemaMedianet.comKetua Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (DPD LPM) Kota Padang Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM mengungkapkan peran rakorbang menjadi lebih bermakna karena menjadi media utama konsultasi publik bagi segenap pelaku kepentingan untuk menyelaraskan prioritas pembangunan kecamatan/kelurahan dengan prioritas dan sasaran pembangunan kota.

Pemerintah sendiri nantinya akan mengklarifikasi usulan program dan kegiatan yang telah disampaikan masyarakat pada setiap tahapan. Untuk kemudian menyepakati prioritas pembangunan dan program/kegiatan pada setiap tahapan tersebut.

Dikatakan, proses usulan pembangunan itu dimulai dari tingkat RT/RW, kelurahan, rakorbang kecamatan, forum perangkat daerah hingga rakorbang kota. Untuk usulan pembangunan tingkat RT/RW, lanjutnya, perangkat RT/RW melaksanakan rapat untuk menyepakati usulan rencana kegiatan prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2023. 

"Setiap RW mengusulkan kegiatan prioritas sebanyak lima usulan dengan bentuk kegiatan pembangunan sarana dan prasarana serta pemberdayaan masyarakat. Selanjutnya, perangkat di kelurahan melaksanakan rapat untuk menyepakati usulan rencana kegiatan prioritas RT/RW menjadi kegiatan prioritas tingkat kelurahan. Setiap kelurahan mengusulkan kegiatan prioritas sebanyak dua kali jumlah RW," ujarnya dalam Rakorbang Kelurahan Kuranji di Gedung Serbaguna, Belimbing, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Kamis (12/1/22) Siang.

Usulan yang sudah disepakati untuk menjadi prioritas kecamatan dan prioritas perangkat daerah diinputkan ke dalam e-planning menggunakan username dan password kelurahan oleh petugas kelurahan.

"Disinilah pentingnya tugas ketua RW dan RT di kalangan akar rumput untuk memfilter hal ini terlebih dahulu sebelum menjadi usulan dan diajukan untuk mendapatkan bantuan," ujarnya.

Untuk itu, Irwan Basir mengharapkan kepada pihak pemerintah agar seksama dalam membahas usulan warga ini, sehingga dapat dijadikan program pembangunan pemerintah.

Irwan Basir juga mengajak untuk bersama-sama mengawal usulan warga dalam rakorbang ini agar bisa menjadi program pemerintah yang direalisasikan dalam bentuk pembangunan sesuai harapan warga masyarakat.

Sebelumnya, Lurah Kuranji Kasma Efendi, S.sos mengatakan, rencana pembangunan daerah disusun melalui rakorbang dengan pendekatan yang partisipatif dan dialogis antara masyarakat dengan pemerintah.

"Melalui rakorbang tingkat kelurahan kita dorong percepatan pembangunan di Kota Padang," tukasnya.

Sementara itu, Camat Kuranji Eka Putra Buhari menyampaikan, rakorbang sangat penting selain menjadi ajang silaturahmi pemerintah dengan tokoh masyarakat, juga untuk menyatukan visi pembangunan wilayah tersebut.

Usulan pada rakorbang yang berada di 19 RW di Kelurahan Kuranji, tentu tidak terlepas dari visi dan misi Wali Kota Padang Hendri Septa, yaitu mewujudkan masyarakat Kota Padang yang madani berbasis pendidikan, perdagangan dan pariwisata unggul serta berdaya saing.

Dikatakan, puluhan usulan Kelurahan Kuranji telah masuk dalam rakorbang tingkat kecamatan, namun terdapat lima prioritas yang diusulkan untuk diambil dua usulan paling prioritas dan nantinya akan diusulkan kembali ke rakorbang tingkat Kota Padang.

Dijelaskan, usulan pembangunan di Kecamatan Kuranji akan banyak diarahkan untuk membangun dan memperbaiki infrastuktur mendukung sektor pariwisata, 

"Sebagai salah satu destinasi wisata utama Kota Padang, kita mencoba menggali lagi potensi-potensi yang dimiliki melalui pemberdayaan masyarakat. Terutama UMKM dan kesenian tradisional guna menambah daya tarik wisatawan serta meningkatkan penghasilan warga," tukasnya.

Ditambahkan, selain usulan melalui Rakorbang, ada juga usulan langsung dari warga yang akan dimasukkan ke dalam pokir anggota DPRD Padang dan DPRD Provinsi Sumbar.

Rakorbang kali ini turut dihadiri oleh Anggota DPRD Kota Padang Muzni Zein, para RT dan RW, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Babinkamtibmas, Babinsa, Bundo Kandung, Pemuda dan pemudi, Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang. (Dp)

#Editor : Uki Ratlon 

0 comments:

Posting Komentar

Advertisement

loading...


eqmap

SUMATERA UTARA

JMSI

JMSI

Anggota DPD RI DR Alirman Sori

Anggota DPD RI DR Alirman Sori

POLDA SUMBAR

KOMUNITAS

KULINER

MENTAWAI

MANCANEGARA


Remaja dan Prestasi

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views



Terkini


Rantau


HISTORIA


FACEBOOK - TWEETER


Artikel


BUMN


Khazanah



Adv

KARIR