17 April 2021

Pesantren Ramadhan SMAN 2 Padang, Tingkatkan Kualitas Keimanan dan Akhlak Dengan Terapkan Prokes


PADANG (GemaMedianet.com Pesantren Ramadhan tingkat SMA/SMK Negeri sederajat di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) secara resmi telah dimulai sejak Kamis (15/4/2021) lalu. 

Di tengah pandemi COVID-19, kegiatan pesantren kilat pada Ramadhan 1442 Hijriah ini dalam pelaksanaannya mengikuti protokol kesehatan (prokes) ketat dengan disiplin 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

"Ya, tahun ini Pesantren Ramadhan di SMA Negeri 2 Padang kembali dilaksanakan, dengan mengikuti prokes yang ditetapkan pemerintah. Setelah tahun sebelumnya Pesantren Ramadhan sempat ditiadakan, akibat merebaknya pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Provinsi Sumbar," kata Kepala SMAN 2 Padang, Drs. Syamsul Bahri kepada GemaMedianet.com, usai pelaksanaan Pesantren Ramadhan hari ketiga, Sabtu (17/4) siang.

Dalam pelaksanaan Pesantren Ramadhan Tahun 2021, untuk tingkat SMA/SMK sederajat dipusatkan di lingkungan sekolah masing-masing secara serentak mulai 15 April hingga 6 Mei 2021.

Kegiatan yang mengangkat tema "Melalui Pesantren Ramadhan Kita Tingkatkan Kualitas Keimanan dan Akhlaqul Kharimah Generasi Milenial" ini dimulai sejak pukul 08.00 WIB hingga berakhir pada pukul 13.00 WIB.

Syamsul Bahri menyebut, sesuai dengan petunjuk teknis (Juknis) Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar, pelaksanaan Pesantren Ramadhan 1442 Hijriah tahun ini dilakukan dengan Sistem Shift.

"Artinya hari ini misalnya kelompok A, besoknya kelompok B yang dilakukan secara bergantian dengan menghadirkan pendamping dari sekolah, dan narasumber yang didatangkan dari luar sekolah," terang kepala sekolah yang akrab disapa Buya ini.

Dijelaskan, kegiatan berlangsung selama 18 hari hingga berakhir pada 6 Mei datang, yang diikuti kelas X dan XI sebanyak 712 orang. Dengan sistem shift jumlah peserta terbagi menjadi dua kelompok dengan 60 orang per shift. Hal itu selaras dengan prokes, guna menghindari penyebaran COVID-19.

Sedangkan materi pesantren ramadhan, juga mengikuti Juknis Dinas Pendidikan Sumbar yakni seputar bulan Ramadhan, ibadah, Ilmu Agama Islam dan lainnya.

Dia berharap, pesantren ramadhan dapat berjalan dengan baik dan peserta senang mengikutinya sehingga tercapai tujuan yang diinginkan sesuai dengan tema "Melalui Pesantren Ramadhan Kita Tingkatkan Kualitas Keimanan dan Akhlaqul Kharimah Generasi Milenial".

"Sembari menjalani ibadah puasa, siswa-siswi sekaligus meningkatkan pengetahuan terhadap ilmu agama," tukasnya. (mr)

#Editor : Uki Ratlon 

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

POLDA SUMBAR


SUMATERA UTARA

KOMUNITAS


HUMANITY

KULINER


PARIWISATA


MANCANEGARA



IKLAN

IKLAN

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views


Terkini


Ekonomi Bisnis



HISTORIA



Artikel


FACEBOOK - TWEETER

INFO GEMPA





Infrastruktur




IKLAN

IKLAN

Adv






KARIR