02 April 2021

Pemilihan Pengurus LPM Ampang, Irwan Basir : Pengabdian dan Kesetiakawanan Rohnya LPM


PADANG (GemaMedianet.com— Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM menghadiri pemilihan pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Ampang masa bakti 2021-2024.

Kegiatan itu dilangsungkan di Gedung Serbaguna Ampang, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Kamis (1/4/2021) malam.

Dalam acara pemilihan tersebut, Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM didampingi pengurus lainnya Anizar Rajo Intan, Dedi Azhari Malin Sampono, Afranafan dan Amril Candra.

Selain menghadiri kegiatan tersebut, Irwan Basir juga berkesempatan memberikan bantuan uang tunai kepada pengurus LPM Kelurahan guna mendukung kesuksesan acara.

Dalam sambutannya, Irwan Basir menekankan bahwa LPM merupakan pekerjaan sosial dan salah satu bentuk pengabdian serta rasa kepedulian kepada masyarakat. LPM itu juga bukan bawahan, namun merupakan mitra kerja yang bisa bekerja sama dengan eksekutif maupun legislatif.

"Artinya, Barek samo dipikua, ringan samo dijinjiang dan duduak surang basampik-sampik, duduak basamo balapang-lapang (berat sama dipikul, ringan sama dijinjing, duduk sendiri merasa sempit duduk bersama terasa lapang)," ujar Irwan Basir.

Oleh karena itu, sebutnya, pekerjaan sosial tanpa imbalan inilah pemahamannya yang perlu ditanamkan.

"Kita (LPM-red) ini tidak digaji bahkan tidak pernah dianggarkan pendanaannya sedikit pun. Tapi kepedulian sosial kita tidak bisa ditawar-tawar, karena pengabdian, kesetiakawanan dan kepedulian itu rohnya,” tegas Ketua Majelis Pertimbangan Adat (MPA) Kerapatan Adat (KAN) Pauh IX ini yang disambut diapplaus oleh hadirin.

Lebih jauh Datuk Irwan Basir memaparkan, bahwa tugas LPM mestinya dapat meringankan kinerja pemerintah. Disamping itu, bisa melakukan pemetaan embrio konflik. Hal terpenting lagi adalah, bisa menyelesaikan embrio konflik tersebut.

"Kita bersama bisa mendorong program pembangunan di daerah, bahkan juga bisa mendesak percepatan suatu pembangunan di wilayahnya," ucap Ketua Padang Fishing Club ini.

Masih menurut Irwan Basir, LPM memberikan pencerahan, regenerasi pemikiran untuk melahirkan suatu ide yang sesuai dengan peruntukannya.

"Percayalah, jika itu terjaga dengan baik, maka tidak akan muncul embrio konflik di tengah-tengah masyarakat,” tegas Datuk Irwan Basir.

Untuk itu Irwan Basir berpesan, hendaknya LPM selalu bergandeng tangan dengan pemerintah. Berbaur menjadi subjek dalam balutan kebinekaan dan kebersamaan, guna menyelesaikan segala kebutuhan masyarakat.

Selain itu, lanjutnya, memetakan dan memfasilitasi usulan masyarakat untuk disalurkan ke pemerintah.

Terakhir, kepada jajaran Forkompimca Irwan Basir menghimbau untuk menggandeng dan membawa DPC LPM Kecamatan dengan baik, sehingga bisa membantu program pemerintah.

"Program dapat berjalan, sehingga membawa kemajuan dan manfaat bagi masyarakat banyak," pungkasnya.

Pemilihan Ketua LPM Ampang ini dihadiri oleh Sekcam Kuranji, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Bundo Kandung serta pengurus LPM Kelurahan Ampang. Kecamatan Kuranji.

Turut hadir Babinkamtibmas, Babinsa, dan Pemuda - pemudi setempat. (*)

#Editor : Uki Ratlon


0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

POLDA SUMBAR

SUMATERA UTARA

KOMUNITAS

HUMANITY

KULINER

PARIWISATA

MANCANEGARA

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN


TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views



Terkini





Ekonomi Bisnis



HISTORIA


IKLAN

IKLAN

Artikel



Adv

FACEBOOK - TWEETER

INFO GEMPA






KARIR