11 March 2021

Guru SMAN 3 Sabet Dua Penghargaan Internasional


PADANGPANJANG (GemaMedianet.com Baru-baru ini, salah seorang tenaga pengajar (guru) di Kota Padang Panjang berhasil menyabet penghargaan. Tak tanggung-tanggung, dua penghargaan itu merupakan penghargaan berskala internasional di bidang lingkungan dan sosial. Tentu, ada alasan kuat di balik penghargaan yang diterimanya.

Ia adalah Fitra Murni A.R, S.Pd, guru Bahasa Inggris di SMAN 3 Padang Panjang. Di bulan Maret ini, ada dua Internasional Award (Penghargaan Internasional) yang didapat Fitra Murni. 

Penghargaan pertama Outstanding Teacher for The Contribution in The Field of education dari World Education Leaders Summit and Awards 2021. Lalu penghargaan Global SDG’s Woman Ambassador Award 2021 dari President of Impact of Youth Sustainability.

Penganugerahan Outstanding Teacher Awards 2021, diperolehnya melalui seleksi dari Tim Juri World Education Leaders Summit and Awards berdasarkan prestasi yang pernah dia peroleh di bidang pendidikan baik dari tingkat kota, provinsi, nasional dan internasional. 

Di antaranya, Fitra pernah Juara I guru berprestasi Padang Panjang (2011, 2014, 2017). Dia mendapat penghargaan penulis terbaik Padang Panjang dari walikota (2019), Prestiged Teacher dari FKP Palanta (2020),  Juara III Guru Berprestasi Tingkat SMA se-Provinsi Sumatera Barat (2014, 2017), guru teladan mendampingi siswa berprestasi Sumatera Barat dari Kementerian BUMN (2016), Satya Lencana dari Presiden RI (2015), guru Australia-Indonesia Bridge School Partnership Program, Asia Education Foundation (2018), Pertukaran guru Indonesia- Korea, APCIEU, UNESCO (2019). 

Lalu ada penghargaan Outstanding Senior Secondary Teacher Award dari International Education Summit Awards, Bangkok, Thailand (2020). Distinguished Higher Secondary Teacher Awards, Nepal, India (2020) dan Global SDG’s Ambassador Award (2020). Bahkan dia juga pernah menjadi narasumber di tingkat kota, provinsi dan pembicara di konferensi internasional. 

“Berdasarkan penilaian Tim Juri World Education Summit and Awards 2021, saya berhasil menjadi pemenang untuk kategori Outstanding Teacher in The Contribution in The Field of Education 2021,” ucap Miss Fit, sapaan akrab Fitra, Rabu (10/3/2021).

Dikatakan Miss Fit, penganugerahan tersebut dilakukan secara online melalui zoom meeting pada 7 Maret  lalu. 

“Perasaan haru dan bahagia bercampur, sewaktu Indonesia dibacakan di penganugerahan tersebut diantara 120 penerima penghargaan dari 20 negara berbeda dengan kategori penghargaan yang berbeda masing-masingnya,” ungkapnya.

Selanjutnya dalam rangka memperingati International Women’s Day, juga dilakukan seleksi untuk duta perempuan yang ada di 120 negara diantara 5005 Ambassador (duta) untuk ikut ajang bergengsi tersebut. 

“Kesempatan emas, saya coba ikut ajang akbar ini. Walaupun dalam hati agak sedikit berkecamuk, karena pesertanya orang-orang luar biasa dari penjuru dunia. Tapi saya sangat yakin dengan kalimat Man Jadda wa Jadda,” katanya.

Miss Fit pun mendapatkan kesempatan tersebut untuk seleksi dengan mengirimkan laporan, foto serta bahkan video kegiatan di bidang lingkungan (environment). Dia pernah mendapatkan penghargaan sebagai Global GDS’s Ambassador Awards 2020. 

“Inilah yang mengantarkan saya menjadi salah seorang wanita penerima Global SDG’s Woman Ambassador Award 2021 dari enam wanita (2 dari India, 1 Filipina, 1 Yordania dan 1  Malaysia). Memang betul kata orang bijak, hasil tidak pernah mengkhianati usaha),” ucapnya.

Alhamdulillah, katanya lagi, penghargaan ini juga penghargaan buat kita semua. “Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan nikmat-Nya bagi kita semua. Majulah pendidikan di Kotaku Padang Panjang, Sumatera Barat dan Indonesia,” ujarnya.

Miss Fit sudah bertugas sebagai guru bahasa inggris di SMAN 3 sejak tahun 2005. Menjadi guru merupakan profesi yang sangat ia cintai. Sehingga baginya, harus selalu berusaha dan berbuat yang terbaik bagi dunia pendidikan.

“Kecintaan terhadap profesi ini telah mengantarkan saya memperoleh berbagai penghargaan dari berbagai tingkatan. Saya hanya guru biasa yang selalu ingin terus belajar, berbuat dan berbagi demi negeri yang saya cintai,” tuturnya. (kominfo/
rifki mahendra) 

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

POLDA SUMBAR

SUMATERA UTARA

KOMUNITAS

HUMANITY

KULINER

PARIWISATA

MANCANEGARA

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN


TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views



Terkini





Ekonomi Bisnis



HISTORIA


IKLAN

IKLAN

Artikel



Adv

FACEBOOK - TWEETER

INFO GEMPA






KARIR