23 November 2020

Gempa Bumi Tektonik M3,3 Dirasakan di Tarutung


TARUTUNG, (GemaMedianet.com)  Wilayah Tarutung
Sumatera Utara (Sumut) diguncang Gempa Bumi tektonik pada pukul 21:11:04 WIB, Minggu (22/11/2020).

Hasil analisa BMKG menujukkan, bahwa gempabumi ini berkekuatan Magnitudo 3,3. Episenter terletak pada koordinat 1,99 LU dan 98,92 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 5 km Barat Daya Tapanuli Utara - Sumut pada kedalaman 10 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas sesar aktif, sistem Sesar Sumatera pada Segmen Toru.

Berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Tarutung III MMI. Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Oleh karena itu kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website ( http://www.bmkg.go.id atau inatews. bmkg. go.id), telegram chanel (https://t.me/Ina TEWS_BMKG), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android) : wrs-bmkg (user pemda, pwd pemda-bmkg) atau infobmkg,"  terang Kepala BBMKG Wilayah I Medan Edison Kurniawan, S.Si, M.Si tulis InaTews_bmkg, Minggu (22/11).

#Editor : Uki Ratlon

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan