23 November 2020

Deteksi Dini dan Cegah Penyebaran Covid-19, Pemkab Mentawai Kembali Buka Posko Swab Test di Azizi


MENTAWAI, (GemaMedianet.com) — Terhitung sejak tanggal 19 hingga 25 November 2020 mendatang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Mentawai kembali membuka pengambilan sampel swab gratis di Kantor Penghubung Pemkab Mentawai di Jalan Aziz Kota Padang, Sumatera Barat.

Juru Bicara Perkembangan Pencegahan Penyebaran COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) Mentawai, Lahmuddin Siregar menyebutkan, hal itu diatur dalam Surat Edaran (SE) Bupati Kepulauan Mentawai No. 370/559/Bup-2020 Tanggal 18 November 2020 tentang Wajib Swab Test bagi pelaku perjalanan ke Kabupaten Kepulauan Mentawai yang akan berlaku hingga tanggal 25 November 2020. 

Menurut Lahmuddin Siregar, yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai, SE Bupati itu juga merujuk kepada SE Menkes No. HK. 02.01/Menkes/382/2020 tentang Protokol Pengawasan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri  di Bandar Udara dan Pelabuhan dalam rangka penerapan kehidupan masyarakat produktif dan aman COVID-19.

Lebih lanjut Lahmuddin Siregar, pada hari pertama Posko Swab Test dibuka sebanyak 34 orang calon penumpang ke Mentawai telah mengikuti swab test, dan semoga hasilnya negatif.

"Dandim 0319/Mentawai B Letkol Bagus Mardiyanto, ST, M.Tr Han satu diantaranya telah mengunjungi Posko Pemeriksaan Swab Test di Kantor Penghubung, dan sekaligus mengikuti Swab Test. Terima kasih Pak Dandim atas komitmen dan dukungannya," ujar Lahmuddin Siregar, Jum'at (20/11/2020).

Ia menambahkan, kebijakan Swab Test di Padang sebelumnya telah diberlakukan dalam rangka antisipasi penyebaran COVID-19 pada masa Cuti Bersama Tanggal 26 Oktober-12 November 2020.

Calon penumpang yang diswab secara gratis ketika itu sebanyak 1.553 orang, dan yang dinyatakan positif terkonfirmasi sebanyak 56 orang.  Artinya Positive Rate 3,6 persen.  

"Berdasarkan data ini, rata-rata 4 orang setiap hari ditemukan positif pada calon penumpang yang akan masuk ke Mentawai," ujarnya.

Tak lupa Lahmuddin Siregar juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet, Wakil Bupati Kortanius Sabeleake dan unsur Forkopimda serta seluruh satuan tugas (Satgas) atas dukungannya dalam memutus mata rantai COVID-19.

"BersatuHadapiCOVID19, SalamSehat, dan TetapProkes," tukasnya. (UK1

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

POLDA SUMBAR


SUMATERA UTARA

KOMUNITAS


HUMANITY

KULINER


MENTAWAI


MANCANEGARA



IKLAN

IKLAN



TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views


Terkini



Pariaman



HISTORIA

FACEBOOK - TWEETER



Artikel


INFO GEMPA





BUMD




IKLAN

IKLAN

Adv


KARIR