13 Juni 2020

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Dinas Kesehatan Lakukan Pool Test Swab Ribuan Warga Pasaman


PASAMAN, (GemaMedianet.com— Mengantisipasi penyebaran Covid-19 di masa New Normal, Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman melakukan pemeriksaan pool test swab terhadap ribuan warga.

Pemeriksaan pool test swab guna mengetahui jumlah insiden Covid-19 yang dilakukan secara random dengan kajian epidemiologi dihitung oleh pakar epidemiologi.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Pasaman, dr. Rahadian Suyanta yang akrab disapa dr. Adek mengatakan, hasil perhitungan pakar epidemiologi dari 311 ribuan masyarakat didapatlah sampel sebanyak 1.493 orang yang akan dilakukan pemeriksaan yang tersebar di 12 kecamatan dan 37 nagari se-Pasaman, Jumat (12/6/2020) kemarin.

Dikatakan dr. Rahadian, pelaksanaan pemeriksaan pool test swab perdana dilakukan terhadap warga Simpati di Puskesmas Simpati sebanyak 73 orang. Pemeriksaan pool test swab ini akan terus berlanjut hingga semua sampel selesai diperiksa se Pasaman.

Adapun kriteria masyarakat yang dijadikan sampel pool test Swab seperti bersedia diperiksa, dan warga yang mempunyai mobilisasi tinggi.

“Kemudian bagi warga yang berstatus notifikasi, tetapi tidak menjalankan isolasi mandiri. Selanjutnya berusia dari umur 20 tahun sampai 50 tahun serta kriteria lainnya,” katanya.

Pelaksanaan pemeriksaan pool test swab ini pun kata dia, tetap menerapkan protokol kesehatan yang ada guna mengantisipasi infeksi Covid-19.

“Semua sampel pool test Swab ini nantinya akan dikirim ke Laboratorium Unand Padang untuk mengetahui hasilnya. Sementara sumber dana pelaksanaan pool test Swab ini dari dana Belanja Tidak Terduga (BTT) Dinkes Pasaman,” sebut dr. Adek.

Pihaknya juga meminta kepada seluruh lapisan masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan dalam pelaksanaan New Normal ini. Agar sama-sama terhindar dari infeksi Covid-19. (Noel)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan