17 April 2020

Hasil Delapan Sampel Swab Asal Mentawai Dinyatakan Negatif


MENTAWAI, (GemaMedianet.com— Hasil pengujian Covid-19 terhadap delapan Sampel Swab yang dikirimkan sebelumnya ke Labor Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand)  Padang asal Kabupaten Kepulauan Mentawai, dinyatakan negatif.

Penegasan itu disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Mentawai, Lahmuddin Siregar kepada GemaMedianet.com melalui pesan WhatsApp, Kamis (16/4/2020).

Lahmuddin Siregar yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai ini menyebutkan, delapan Sampel Swab yang dinyatakan negatif itu berdasarkan Surat Kepala Pusat Diagonostik dan Riset Penyakit Infeksi FK Unand No. 98/04/PDRPI-FK/2020 Tanggal 16 Februari 2020.

Baca Juga : Update 14 April Covid-19 Mentawai : Delapan Orang Tunggu Hasil Swab Test Labor Unand

"Alhamdulillah, hasil pemeriksaan RT PCR/Swab Test  terhadap 1 orang (Sampel Ulangan) dinyatakan negatif, dimana sebelumnya sudah dinyatakan Positif Terkonfirmasi. Sedangkan 1 orang ODP, 1 Orang PDP, dan 5 orang OTG dinyatakan Negatif, dan selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan ulang sesuai tahapan selanjutnya," terang Lahmuddin Siregar.

Tunggu Hasil 16 Sampel Swab dan Tiga Sampel Swab Tenggorokan 

Lebih lanjut Lahmuddin Siregar menyampaikan, saat ini pihaknya masih menunggu hasil Swab Test 16 orang yang dikirim pada hari Rabu Tanggal 15 April 2020 ke Labor FK Unand.

Begitu juga dalam rangka memastikan Covid-19, terang Lahmuddin Siregar, hari ini Tanggal 16 April 2020 Pukul 12.00 WIB juga telah dikirimkan 3 sampel Swab Tenggorokan untuk dilakukan pemeriksaan di Labor Rujukan yang ditunjuk, yakni Labor FK Unand Padang.

"Tentu harapan kita, hasilnya negatif. Sehingga Corona ini segera berakhir," tukasnya.

Ditambahkannya, untuk dinyatakan sembuh, pasien tersebut harus menjalani pemeriksaan minimal dua kali, dan dinyatakan negatif dua kali berturut-turut dengan selang waktu yang ditentukan.

"Bila dinyatakan negatif, isolasi di RSUD Mandiri selama 14 hari tetap dilanjutkan," pungkasnya.

Update Covid-19 Kabupaten Kepulauan Mentawai, Pelaku Perjalanan dari daerah terjangkit (PPT) sampai 14 April 2020 tercatat sebanyak 868 orang, yang sudah dilakukan pemantauan selama 14 hari itu sebanyak 810 orang.

Saat ini PPT yang sedang dalam pengawasan lebih kurang dari 14 hari itu sebanyak 58 orang, Orang Dalam Pemantauan (ODP) tinggal 7 orang lagi, Orang Tanpa Gejala (OTG) 36 Orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 1 orang dan positif 1 orang, namun setelah dilakukan pemeriksaan ulang hasil dari Labor FK Unand Padang dinyatakan negatif. (uki)

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER